timbangan pesawat

Testindo.co.id – Weigh-In-Motion system biasanya digunakan pada jalan besar, jembatan dan jalan layang yang sering terjadi kerusakan atau kecelakaan akibat kendaraan yang over load. Selain itu, WIM dapat digunakan untuk timbangan pesawat atau Aircraft Weight and Balance (pengukuran berat dan titik gravitasi pada pesawat).

Fungsi WIM Untuk Timbangan Pesawat Terbang

WIM dapat digunakan untuk pengukuran berat pesawat terbang, berat yang diukur merupakan berat pesawat saat kosong (basic empty weight). Basic empty weight meliputi berat :

  • Berat kosong untuk operasi.
  • Berat maksimal untuk taxi.
  • Berat maksimal untuk take off.
  • Berat maksimal untuk landing.

timbangan pesawat

Titik gravitasi (center of gravity) merupakan titik yang diasumsikan sebagai titik pusat konsentrasi dari berat total pesawat. Titik gravitasi diharuskan terletak dalam suatu batasan tertentu untuk keselamatan penerbangan. Titik gravitasi harus dijaga agar pesawat dapat seimbang dengan baik dalam sumbu lateral maupun longitudinal. Untuk keseimbangan dalam sumbu longitudinal dapat dipastikan dengan titik gravitasi berada di depan titik angkat pesawat (center of lift).

Dalam melakukan pengukuran berat pesawat, ada beberapa pihak yang terkait, yaitu :

  • Pihak Pabrik Pesawat.

Pihak pabrik pesawat harus menyediakan data terkait berat kosong pesawat (empty weight) dan data titik gravitasi saat proses sertifikasi pesawat.

  • Pihak Mekanik Pesawat.

Pihak yang bertanggung jawab untuk menyimpan catatan berat pesawat, dan melakukan penimbangan ulang jika diperlukan.

  • Pihak Pilot.

Pihak pilot harus mengetahui berat maksimal yang diperbolehkan dan juga titik gravitasi dari pesawat setiap ingin melakukan penerbangan.

Penimbangan berat pesawat dapat dilakukan dimana saja, asalkan kondisi lingkungan lahan dan cuaca memungkinkan.

Kenapa Diperlukan Penimbangan Pesawat?

Diperlukannya penimbangan pesawat agar pesawat dapat dikontrol terkait kondisinya agar aman saat melakukan penerbangan. Berat beban pada pesawat tidak boleh melebihi kekuatan dan kemampuan pesawat yang ditetapkan. Titik gravitasi juga harus dikontrol untuk menjaga keseimbangan pesawat selama melakukan penerbangan, posisi titik gravitasi yang tidak seimbang akan menyebabkan pesawat sulit dikontrol oleh pilot.

Jadi ada baiknya untuk melakukan penimbangan pesawat sebelum pesawat melakukan penerbangan. Penimbangan ini harus dilakukan berkala, biasanya dalam 3 tahun sekali diwajibkan untuk melakukan penimbangan pada pesawat. Apabila dilakukan modifikasi terhadap pesawat, diperlukan penimbangan ulang karena berat dan titik gravitasi pesawat akan berubah setelah pesawat dimodifikasi.

Sekilas  Weigh-In-Motion Untuk Timbangan Pesawat

Sistem Weigh-In-Motion juga dapat berfungsi sebagai  timbagan pesawat, sistem Weigh-In-Motion menggunakan beberapa instrument seperti platform scales dan load cell. Instrumen tersebut dapat digunakan dalam penimbangan pesawat, untuk penimbangan berat pesawat menggunakan platform scales, maka platform scales harus diletakkan pada masing-masing roda pesawat. Data yang akan didapatkan terkait dengan berat total pesawat dan titik gravitasi pesawat.

Untuk memasang sistem WIM dibutuhkan partner profesional, untuk itu PT. Testindo dapat membantu anda dalam membangun sistem weigh-in-motion, kami memiliki engineering berpengalaman dan profesional yang dapat membantu anda dalam membangun sistem WIM. Informasi lebih lanjut terkait sistem weigh-in-motion, dapat hubungi kami di +62 813-9929-1909.

 

Source : https://avionika01.wordpress.com/2011/05/27/menimbang-berat-pesawat-terbang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *