instrument-monitoring-bendungan-awlrAir adalah sumber daya alam yang ada di permukaan bumi dengan jumlah yang melipah, air sangat berguna untuk kebutuhan sehari-hari umat manusia. Air bisa berasal dari sumber mata air, air tanah, dan bisa juga dari sumur resapan. Agar dapat dimanfaatkan dengan baik, air dalam jumlah besar perlu ditampung dalam suatu wadah seperti bendungan atau waduk. Karena jika tidak air akan terbuang secara percuma dan tidak dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari.

Untuk menjaga keamanan dari kondisi suatu bendungan atau waduk dibutuhkan sistem monitoring bendungan (dam monitoring system).  Sistem ini menggunakan instrument-instrument seperti piezometer, inclinometer, extensometer dan instrument lainya. Instrument tersebut dapat menghasilkan data secara realtime tentang kondisi parameter-parameter bendungan seperti.

– Tekanan air pori tanah
– Tinggi permukaan air
– Kondisi cuaca

 

 

Manfaat Menggunakan Instrument Pada Monitoring Bendungan

Pemasangan instrument pada bendungan sangat penting, karena dapat bermanfaat sebagai :

  • Perkiraan secara analitis keamanan bendungan.
  • Perkiraan perilaku jangka panjang.
  • Evaluasi legal (aspek hukum).
  • Pengembangan, dan verifikasi untuk desain yang akan datang.

Pemasangan instrument harus ditangani oleh suatu tim yang didukung fasilitas dan dana yang memadai. Petugas harus sudah terlatih dengan baik, sehingga memahami tugas dan fungsi instrumen-instrumen yang dipasang, karena kesalahan dalam memproses data akan dapat menyebabkan kesalahan dalam evaluasi dan analisis. Alat-alat instrumen harus selalu dirawat dan di kalibrasi secara berkala, agar dapat berfungsi dengan baik.

Instrument Dalam Sistem Monitoring Bendungan

Untuk mengetahui data-data terkait kondisi bendungan, digunakan instrument-instrument seperti dibawah ini:

Piezometer

Piezometer adalah alat yang memiliki fungsi untuk mengukur tekanan air pori serta permukaan air tanah. Selain itu piezometer juga dapat berfungsi untuk mengetahui stabilitas lereng, merancang untuk tegangan lateral dan evaluasi efektifnya drainase.

standard piezometer
Standard Piezometer

Inclinometer

Inclinometer adalah alat yang berfungsi untuk membaca pergerakan tanah (kemiringan tanah), biasanya inclinometer dipasang di dalam pipa inclino dengan kriteria panjang tertentu, pipa inclinometer dapat melindungi instrument inclinometer saat ditanam didalam tanah.

inclinometer
Inclinometer Untuk Bendungan

Extensometer

tape extensometer
Extensometer

Extensometer adalah alat geoteknik yang memiliki fungsi untuk mengatur pergeseran tanah pada permukaan, terutama tanah yang rawan longsor. Probe extensometer digunakan untuk monitoring besaran deformasi vertikal dari tubuh atau pondasi bendungan urugan dan tanggul.

Radar Water Level Sensor

radar water level sensor
Radar Water Level Sensor

Radar Water Level Sensor adalah instrumen yang digunakan untuk memantu lever air yang ada di bendungan atau waduk. Instrumen ini sangat efisien untuk monitoring level air secara online yang data nya dapat langsung dikirimkan secara real time.

Weather Sensor

weather sensor

Weather Sensor merupakan salah satu instrumen yang digunakan dalam dam monitoring system. Instrumen yang berfungsi sebagai pengukur kecepatan dan arah angin  yang menggunakan perbedaan waktu gelombang ultrasonik di udara untuk mengukurnya.

Data Logger Yang Digunakan Untuk Dam Monitoring System

data logger awlr
Data Logger AWLR

data logger piezo
Data Logger Piezo VW

TMR-EPC merupakan mini PC yang cocok untuk pemantauan kondisi aktual dengan banyak sensor dalam satu aplikasi pemantauan seperti:

  • Sistem pemantauan bendungan
  • Pemantauan Cuaca
  • Kontrol dan pemantauan mesin industri, dll.

TMR EPC memiliki fitur seperti:

  • Akuisisi data sensor dengan real time dan laju data pengambilan sampel yang dapat dikonfigurasi ulang
  • Kecepatan transmisi data yang dapat dikonfigurasi ulang ke server lokal
  • Data real time online dapat dilihat di dasbor aplikasi browser web
  • Data dapat diunduh / diekspor ke file CSV melalui perangkat lunak pemantauan

Web Monitoring Untuk Dam Monitoring System

web monitoring
Web Monitoring Dam Monitoring System

Database Center & Dashboard
Web Monitoring (TMR-Instrumentweb.com)

Database Center:

  • Manajemen lokasi pos pengamatan
  • Manajemen dan konfigurasi Data Logger
  • Informasi kesehatan Data Logger real time live
  • Data-data telemetri hadir real time hingga per 10 detik
  • Terdapat fitur download data telemetri
  • Mendapat storage database untuk processing data telemetria

Web Publikasi / Dashboard :

  • Publikasi data melalui web dengan nama domain institusi pengguna
  • Aplikasi web berupa informasi publik untuk Curah Hujan dan Tinggi muka air

Untuk membangun sistem monitoring bendungan anda membutuhkan partner yang tepat dan dapat memberikan solusi kepada anda. Testindo adalah partner yang tepat untuk anda dalam membangun sistem monitoring bendungan, karena Testindo memiliki engineering yang berpengalaman dengan instrument-instrument yang terkait dengan pemantauan bendungan. Untuk info lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami di +62 822-5870-6420 (Anto) & +62 813-9929-1909 (Zulfikri) selain itu bisa juga melalui live chat yang berada di pojok kanan bawah halaman web ini.