Testindo.co.id – Multichannel Analysis Surface Wave (MASW) merupakan salah satu metode survei dalam soil investigation yang berfungsi untuk mengetahui tingkat kekerasan tanah berdasarkan kecepata gelombang geser (Vs) yang dapat diukur dari permukaan. Kecepatan gelombang geser (Vs) tersebut bisa digunakan sebagai gambaran bawah permukaan tanah terutama mengetahui persebaran lapisan lunak.

Metode Multichannel Analysis of Surface Wave (MASW) pertama kali diperkenalkan oleh Park dkk (1999). Metode ini merupakan metode survei seismik yang digunakan untuk mengidentifikasikan karakter geoteknik dekat permukaan dengan memanfaatkan gelombang permukaan Rayleigh (Park dkk, 1999a). Perbedaan mendasar refraksi dan MASW adalah gelombang yang dianalisa. Seismik refraksi menggunakan gelombang body dan MASW pakai gelombang surface. Dengan cara Multichannel Analysis of Surface Wave akan membuat pekerjaan konstruksi menjadi lebih mudah dan efisien dengan memetakan secara regional lapisan lunak, sehingga dapat menjadi sebuah langkah mitigasi akan terjadinya masalah yang timbul akibat tanah lunak.

Teori Dasar Multichannel Analysis Surface Wave

Kecepatan gelombang geser (Vs) ialah salah satu konstanta elastis dan mendekati terkait dengan modulus Young dan geser.Dalam berbagai situasi, (Vs) merupakan indikator langsung dari kekuatan tanah (kekakuan), sehingga dapat digunakan untuk mendapatkan kapasitas penahan beban, Hasil 2D Multichannel Analysis of Surface Wave dengan resolusi horizontal yang baik dapat dikombinasikan dengan 1D profil SPT dengan resolusi vertikal yang baik Kombinasi tersebut saling melengkapi satu sama lain sehingga pekerjaan soil investigasi menjadi lebih efektif dan efisien.

metode MASW

Aplikasi MASW

  • Pemetaan survey lapisan lunak untuk studi awal konstruksi jalan, jembatan, dan infrastruktur lainnya
  • Soil investigasi kombinasi dengan SPT
  • Pengamatan untuk aktivitas pengeboran dan pembangunan terowongan
  • Pemetaan kerentanan tanah terhadap amplifikasi gempa / mikrozonasi untuk mengetahui zona aman pemukiman
  • Pemetaan Slope stabilization secara regional pada daerah tambang

jasa survei masw

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan pengujian, PT Testindo memiliki jasa survei Multichannel Analysis Surface Wave  kami memiliki tim yang berpengalaman dalam berbagai pengujian dan salah satunya adalah MASW. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi bapak 0813-9929-1909 (Zulfikri) atau live chat pada menu chat dibawah ini.