Testindo Perubahan kondisi lingkungan dapat mempengaruhi kegiatan atau aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Salah satu contoh perubahan kondisi lingkungan adalah perubahan kondisi cuaca. Dengan adanya perubahan kondisi cuaca, akan berpengaruh terhadap berbagai bidang seperti bidang pertanian, penerbangan, pertambangan, kelautan dan berbagai bidang lainnya.

Untuk itu pentingnya memantau kondisi perubahan cuaca tersebut agar dapat mengetahui dan menganalisa parameter-parameter cuaca seperti suhu, kelembaban, curah hujan, tekanan udara, kecepatan dan arah angin. Lalu bagaimana memantau kondisi cuaca secara otomatis?

 Solusi Pemantauan Cuaca Secara Otomatis & Realtime

TESTINDO memiliki solusi Automatic Weather Station (AWS) yang dapat memantau kondisi cuaca secara otomatis dan realtime, stasiun cuaca otomatis ini menggunakan instrument-instrument seperti Berikut:

  • Wind Speed & Direction Sensor

Sensor kecepatan angin  berfungsi untuk memantau kecepatan angin, terdapat beberapa jenis sensor angin seperti jenis ultrasonic, jenis piringan (cup) dan jenis hotline yang biasa digunakan untuk kondisi lingkungan yang sulit seperti di pelabuhan. Terdapat juga sensor arah angin yang berfungsi untuk menentukan perubahan arah angin (Barat, Timur, Selatan, Utara).

wind-speed-direction-sensor

  • Rain Gauge

Sensor curah hujan ini berfungsi untuk mengukur intensitas curah hujan dalam satuan tertentu.

Metal-Tipping-Bucket-Rainfall-Sensor-Rain-Gauge

  • Temp & RH

Sensor suhu dan kelembaban berfungsi untuk mengukur suhu dan kelembaban di suatu tempat.

  • Sensor Radiasi

Sensor radiasi atau biasa disebut pyranometer berfungsi untuk mengukur tingkat radiasi sinar matahari.

  • Data Logger

Berfungsi untuk merekam data dari masing-masing sensor untuk selanjutnya dikirim ke pc server monitoring.

Bagaimana Cara Kerja Automatic Weather Station

Stasiun Cuaca Otomatis (Automatic Weather Station) biasanya ditempatkan pada suatu titik di area terbuka, yang tidak ada penghalang seperti pohon tinggi, ranting pohon yg menghalangi sensor dll. Hal ini bertujuan agar sensor dapat mendeteksi suatu parameter dengan semestinya. SetelahWeather Station ditempatkan dan sudah dinyalakan, sensor akan mulai mendeteksi dan selanjutnya data akan direkam oleh data logger lalu dikirim ke Cloud Server atau PC Server yang berada di ruang control. Data di Server selanjutnya di olah dan ditampilkan dalam bentuk grafik di dashboard monitoring.

stasiun cuaca otomatis

Keuntungan Menggunakan Automatic Weather Station

  1. Lebih cepat & effisien dalam aktivitas memantau kondisi cuaca.
  2. Terdapat grafik data di monitor dashboard sehingga mempermudah analisa data.
  3. Histori data pemantauan dapat tersimpan dengan baik.

Testindo Partner Terpercaya Penyedia & Instalasi Alat Automatic Weather Station

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang system integrasi dan jasa engineering, Testindo berpengalaman dalam menyediakan dan instalasi alat stasiun pemantauan cuaca otomatis ini. Berikut adalah pengalaman – pengalaman kami dalam instalasi alat pemantauan cuaca ini.

  • Instalasi Weather Station PLN PROBOLINGGO
  • Instalasi Weather Station Di Pelabuhan Cigading
  • Instalasi Weather Station PT Austindo Nusantara Jaya
  • Instalasi Weather Station di PT Corteva Agriscience Indonesia

Jika ada kebutuhan terkait instalasi perangkat Automatic Weather Station, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui Telp/Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri) / 822-5870-6420 (Anto) atau bisa email ke sales@testindo.com dan chat customer service kami di kolom chat pojok kanan bawah web ini.