Loading test adalah pengujian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan beban maksimum suatu struktur, selain itu uji beban ini juga untuk memastikan keamanan dari suatu struktur. Loading test atau bisa disebut juga uji beban dapat diaplikasikan diberbagai struktur konstruksi seperti jembatan, terowongan, dan gedung.

Pengujian ini sudah memiliki dasar hokum yang berlaku yaitu Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 41 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan, khususnya pada jembatan, jika jembatan sudah selesai tahap konstruksi, sebelum operasional harus disertifikasi melalui pengecekan oleh tim KKJTJ, yang salah satunya melalui uji beban atau loading test. Pelaksanaan Loading test tidak hanya dilakukan saat selesainya konstruksi jembatan, tapi juga perlu dilakukan secara teratur dalam periode lima tahun sekali.

Metode Yang Diterapkan Dalam Loading Test

Metode loading test terbagi menjadi dua, yaitu pengujian loading test static dan pengujian loading test dynamic, berikut adalah penjelasan mengenai dua metode tersebut.

Loading Test Static

Pengujian ini menggunakan benda yang sifatnya diam, tidak berubah arah, intensitas ataupun garis kerjanya. Contoh penerapan loading test static pada jembatan adalah dengan menggunakan banyak truk yang masing-masing muatan memiliki bera kurang lebih 40 ton. Truk tersebut disejajarkan sepanjang jembatan. Kemudian akan diukur dan dianalisa seberapa besar pengaruhnya terhadap jembatan.

 

loading test
Pengujian loading test static jembatan kukar

Loading Test Dynamic

Pengujian beban menggunakan beban yang bergerak. Misalkan pada jembatan, uji beban menggunakan truk berisi muatan kemudian dijalankan melewati balok kayu yang sudah disiapkan. Ketika truk melewati balok maka roda akan menghantam atau membentur aspal. Benturan inilah yang nantinya akan dianalisa menggunakan alat khusus loading test.

loading test dynamic
Pengujian loading test dynamic

Testindo partner berpengalaman dalam loading test jembatan

Ketika ingin melakukan pengujian jembatan, anda membutuhkan partner berpengalaman dan Testindo adalah partner yang tepat untuk anda dalam melakukan jasa loading test, Testindo sudah sering bekerja sama dengan baik dengan perusahaan ataupun konsultant jembatan untuk melakukan uji beban pada jembatan. Berikut ini adalah list pengalaman kami dalam uji beban jembatan.

Pengalaman Loading Test

List project pengalaman testindo dalam loading test
structural health monitoring system
load-test-jembatan-kukar
Jasa Pengukuran Getara Pompa
ultrasonic-test-ndt
upgrade-balancing