ultrasonic-test-ndtNon Destructive Test (NDT) atau pengujian tanpa kerusakan adalah aktifitas tes atau pengujian terhadap suatu objek (material, rangka mesin ,rangka pipa, dll) untuk mengetahui lebih jelas kondisi mesin dan mengetahui isi kandungannya dan komposisi yang ada dalam objek pengujian, apakah kondisi objek dalam keadaan rusak, retak, hancur atau terjadi ketidak sinambungan objek atau hal-hal lainnya yang mungkin terjadi.

Pengujian yang terstruktur dilakukan guna mendapatkan hasil yang maksimal tanpa merusak objek yang sedang dalam proses pengujian. Pada dasarnya, pengujian ini dilakukan untuk menjamin bahwa material (objek) yang digunakan masih dalam masa aman dan belum melewati batas toleransi kerusakan material.

Proses NDT biasanya dilakukan dua kali atau bisa lebih berdasarkan kebutuhannya, berikut dua proses yang mayoritas dilakukan :

  • Pengujian material dan mesin yang telah dalam tahap pengesahan standarisasi setelah material atau mesin digunakan dalam jangka waktu tertentu, setelah itu diuji tingkat ketahanan berdasarkan penggunaan mesin dengan waktu yang telah ditentukan bertujuan untuk memperoleh kekurangan atau kegagalan suatu mesin atau material sebelum mencapai batas toleransi kerusakannya.

jasa ndt

  • Pengujian objek dari awal pembuatan serta pengujiannya sampai dengan diakhir proses pengujian  untuk menentukan kandungan objek dan dapat ditentukan untuk menguji hasil material serta mutunya, Non Destructive Test (NDT) ini dijadikan sebagai bagian dari kendali mutu dari pada mesin atau material itu sendiri.

Beberapa yang perlu diperhatikan dalam sistem pengujian NDT  :

  • Pengujian ini memprioritaskan keutuhan mesin maksud utamanya adalah agar terjaganya objek yang diuji dari awal pengujian tanpa memberikan dampak buruk atau pun kehancuran objek uji dan mengulas habis hasil data tentang objek yang diproses untuk mendapatkan review kekurangan objek, kerusakan objek, tingkat cacat objek dan kegagalan objek yang terjadi. Setelah didapatkan hasil yang akurat objek yang telah diuji jika mengalami banyak kerusakan dapat dilakukan condition monitoring yang terstruktur untuk dapat dimaksimalkan kembali dalam tahap penggunaan atau pengujian kembali tetapi jika mengalami cacat fisik pada objek yang diuji akan ditindak lanjuti berdasarkan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan penyesuaian standarisasi objek yang telah ditetapkan.
  • Vibration Analysis (Analisa Getaran) analisa getaran dapat dilakukan pada saat pengujian untuk mengetahui kondisi mesin berdasarkan getaran mesin.
  • Sound Analysis (Analisa Suara) analisa suara dapat dilakukan pada saat pengujian untuk mengetahui kondisi mesin berdasarkan suara mesin.

Jenis-jenis Pengujian NDT

  • Radiography Test
    Metode ini menggunakan sinar x atau sinar gamma dalam pengujiannya. Sinar x digunakan untuk menembus logam dan material padat dengan tujuan untuk mengetahui adanya cacat atau kerusakan pada material tersebut. Prinsip kerjanya, sinar x akan menembus material yang diuji, jika pada material tersebut terjadi kerusakan maka bayangan yang ditimbulkan akan berbeda pada film radiography test.
  • Magnetic Particle Inspection
    Metode pengujian ini dilakukan untuk mendeteksi adanya cacat atau kerusakan pada permukaan atau sedikit diatas permukaan pada benda yang memiliki sifat ferromagnetic (daya magnetnya tinggi). Prinsip kerjanya, bagian material yang cacat akan membentuk medan magnet baru. Dengan alat khusus yang digunakan nantinya medan magnet yang terpotong akan ditarik sehingga berkumpul di sekitar medan magent yang cacat sehingga bisa langsung diketahui.
  • Dye Penetrant Test
    Metode ini digunakan untuk mengetahui adanya crack pada sambungan atau hasil lasan (weld). Dye penetrant test tidak terlalu sulit dilakukan. Prinsip kerjanya, bagian material yang di las dituangkan cairan penetrant yang memiliki kemampuan untuk melewati celah kecil pada suatu benda dan mampu mengangkat kembali cairan yang sudah meresap, sehingga jika terjadi cacat pada material bisa langsung diketahui.
  • Ultrasonic Flaw Detector
    Metode ini merupakan jenis NDT yang paling tua karena sudah digunakan sejak tahun 1940. Metode ini menggunakan alat yang dapat mengeluarkan gelombang ultrasonic. Nantinya gelombang ini dikeluarkan pada benda atau material yang diuji. Alat ini akan mendeteksi kerusakan pada material dengan cara mengukur intensitas gelombang yang diterima.

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan jasa NDT (Non Destructive Test) yang didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman. Selain itu, kami juga dilengkapi dengan peralatan yang memadai. Untuk info pemesanan jasa ini silakan hubungi kami ke nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0857 4065 2657, Email: sales@tesindo.com atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating online di pojok bawah website ini.