UPV Test

Testindo Setiap bangunan yang kokoh seperti jembatan, gedung, apartemen dan lainnya tentunya memiliki pondasi yang kuat sebagai penopang. Material yang digunakan untuk pembuatan pondasi ini adalah beton karena memiliki tekstur yang kuat dan juga tahan lama. Beton merupakan material terbuat dari gabungan semen dan juga bahan lain yang menghasilkan agregat keras dan agregat halus.

Sifat beton yang keras serta kokoh menjadikan beton sebagai pondasi dari bermacam macam infrastruktur ataupun bangunan. Supaya pondasi beton ini bisa bertahan dengan baik dan juga awet maka harus selalu dianalisa melalui pengujian yang disebut UPV Ultrasonic Pulse Velocity test. Ciri beton yang memiliki kualitas yang baik setelah dianalisa melalui UPV Test yaitu:

  • Padat, beton yang baik pastinya mempunyai karakteristik yang padat serta kokoh, beton tersebut tidak ada rongga- rongga yang membuat beton kilat rusak.
  • Tahan air, fisik dari beton yang baik tidak terdapatnya ruang buat air masuk mengisi dalam beton serta tekanan air tidak bisa menghancurkan beton.
  • Mempunyai Daya tahan kokoh, beton yang baik tahan terhadap pergantian temperatur dan tahan pada pelapukan yang dapat merendahkan kualitas dari beton.
Alat UPV
Alat Ultrasonic Pulse Velocity

Ultra Pulse Velocity (UPV) merupakan prosedur Non Destructive Test dengan memanfaatkan perlengkapan PUNDIT untuk mengukur dengan memanfaatkan rambat gelombang ultrasonik melalui perantara media padat,

Perlengkapan tersebut memberikan data- data hasil analisa mengenai keadaan beton bagian luar dan dalam beton. Selain itu, alat tersebut juga dapat mengukur daya tahan pada suatu beton. Beberapa alat yang digunakan untuk proses UPV antara lain:

  • UPV Pundit Lab+ Tipe Digital
  • Media Kalibrasi
  • Sikat Kawat
  • Gurinda
  • Meteran
  • Ultrasonic Gel/ Grease
UPV
proses penandaan

Saat sebelum dilakukanya proses UPV, pertama lakukan pengecekan pada bangunan lalu memasang tanda pada permukaan di kondisi beton yang masih bagus, permukaan beton tersebut lalu di ratakan pada titik uji memakai gurindra dan di beri tanda.

Baca Juga :  Uji Keretakan Beton Dengan Ultrasonic Pulse Velocity Test

Pada Pengambilan pulse velocity dengan perlengkapan pundit, mempunyai 3 tata cara pengambilan pulse velocity yang berbeda yaitu Direct Transmission, Semi- direct Transmission, Indirect/ surface transmission.

Dari ketiga metode pengambilan tersebut, direct transmission sangat direkomendasikan sebab bisa memberikan hasil informasi sangat yang akurat tetapi mempunyai keterbatasan pengambilan di posisi.

Pada metode semi-direct hasil yang diperoleh cukup akurat. Sedangkan metode  pengambilan indirect/ surface transmission bisa dibilang kurang baik jika dibandingkan dengan kedua metode lainnya, tetapi tiap direduksi hasilnya bisa mendekati nilai pulse velocity direct transmission.

Tujuan Pengujian

  • Mengukur Ketebalan pada Beton
  • Mengukur Panjang Tulangan pada beton
  • Mengetahui Diameter Tulang Baja
  • Mengetahui Jarak/posisi dari tulangan

 

PT Testindo Perusahaan Profesional yang bergerak di bidang pengujian yang memiliki pengalaman dalam melakukan audit struktur bangunan dan juga jembatan besar salah satu melakukan PUNDIT test ataupun UPV.

Testindo menyediakan Jasa PUNDIT Test serta Jasa UPV test Ultrasonic Pulse Velocity yang didukung oleh tenaga yang ahli dan berpengalaman serta dilengkap peralatan dengan teknologi terkini. Informasi lebih lanjut mengenai jasa PUNDIT atau UPV bisa langsung menghubungi kami melalui

Office: ( 021) 29563045

Whatsapp : 0852-8113-0199 | 0815-6141-954

Email: Sales@testindo. com

 

Sumber

https://www.ilmubeton.com/2019/09/Ciri-ciriBalokBetonyangKuat.html

http://www.anekabangunan.com/penyebab-kerusakan-pada-beton/

https://rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/viewFile/327/322

Sumber Gambar

smkn1jakarta.sch.id/cara-membuat-material-bahan-bangunan-cor-beton-berkualitas/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *