jasa ultrasonic pulse velocity testUltrasonic Pulse Velocity Test atau biasa disingkat UPVT adalah salah satu pengujian tidak merusak atau bisa disebut Non Destructive Test yang berfungsi untuk melakukan identifikasi kualitas/mutu beton dengan menggunakan rambatan gelombang ultrasonic pada beton.

Bagaimana Cara Kerja Ultrasonic Pulse Velocity Test ?

Proses Kerja UPVT berdasarkan waktu yang ditempuh gelombang ultrasonik yang merambat kedalam struktur beton. Gelombang ultrasonik dihubungkan dari transducer kemudian ditempatkan pada lapisan beton. Kemudian Alat Pundit/ UPVT Test akan mengukur gelombang tersebut.

Pengujian Ultrasonic Pulse Velocity Test dilakukan berdasarkan standard BS 1881 : Part 203: 1986 dan ASTM C597-97. Di dalam standar ini dijelaskan bahwa tranduser penerima mendeteksi datangnya komponen pulse yang tiba lebih awal. Pengukuran Pulse Velocity dapat dilakukan dengan 3 metode, antara lain:

  • Direct transmission
  • Semi-direct transmission
  • Indirect/surface transmission

Peralatan

Pengujian UPV Test menggunakan alat-alat seperti dibawah ini:

  • UPV Pundit Lab+ Versi Digital
  • Gurinda
  • Media kalibrasi
  • Ultrasonic gel/Grease
  • Meteran
  • Sikat Kawat

Metode Pelaksanaan Ultrasonic Pulse Velocity Test dibagi menjadi 3 tahap yaitu:

  1. Persiapan Lokasi Uji
    Tahapan ini adalah persiapan awal untuk menentukan dan mempersiapkan lokasi titik uji. Penentuan lokasi uji didasarkan dengan kondisi beton dengan permukaaan yang relatif bagus diantara lainnya. Setelah itu meratakan permukaan titik uji (flattening) dengan gerindra dan memberi tanda lokasi uji dengan pilox (marking).
  2. Persiapan Alat
    Tahapan ini adalah menyetel alat UPV Pundit sesuai keperluan kemudian dikalibrasi sesuai ketentuan pada benda uji kalibrasi (Oles permukaan benda uji dengan Gel Ultrasonik).
  3. Pengujian
    Tahapan ini adalah tahapan pengambilan pulse velocity dengan alat pundit. Sesuai penjelasan singkat standar yang dipakai, terdapat tiga metode pengambilan pulse velocity. Untuk pengambilan dengan direct transmission sangat direkomendasikan karena hasil yang paling akurat namun keterbatasan pengambilannya di lapangan, pada semi-direct hasil yang diperoleh bisa dibilang sangat akurat, dan yang terakhir adalah indirect/surface transmission merupakan metode yang paling buruk hasilnya dibanding metode yang lainnya, namun butuh direduksi agar hasilnya mendekati nilai pulse velocity direct transmission. Setiap melakukan pengujian diwajibkan mengoleskan ultrasonik gel pada beton yang akan diuji.

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak dibidang Testing & Measurement menyediakan layanan PUNDIT Test atau Ultrasonic Pulse Velocity Test yang didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman. Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: Zulfikri 0813-9929-1909 atau Faoji 0821-1460-7782 dan bisa juga melalui Email: sales@testindo.com