pengujian energi bangunan

Testindo.co.idPengujian energi bangunan merupakan suatu pengujian dan proses evaluasi pemanfaatan energi dan identifikasi terkait peluang untuk penghematan energi serta menjadi referensi peningkatan efisiensi energi pada suatu bangunan. Diperlukannya uji energi pada bangunan, agar penggunaan energi dapat termonitoring dan terukur. Pengujian energi yang diterapkan pada bangunan atau gedung perkantoran memang sangat berguna, tetapi dalam melakukan proses uji energi pada bangunan atau gedung dibutuhkannya kerja keras yang sangat intensif.

Tahap-tahap Pengujian Energi Bangunan

Untuk dapat mengetahui berapa besar energi yang kita konsumsi dan energi yang kita gunakan, maka kita harus melakukan uji energi. Dalam melakukan metode ini dibagi menjadi beberapa tahap yaitu:

Tahap Uji Energi Awal

Tahap awal merupakan tahap untuk pengumpulan dan penyusunan data terkait penggunaan energi selama satu tahun sebelumnya, data tersebut digunakan untuk perbandingan Intensitas Konsumsi Energi (IKE).

Tahap Uji Energi Rinci

Jika hasil perbandingan terdapat indikasi pemborosan energi, maka akan dilakukan tahap berikutnya yaitu penelitian dan pengukuran konsumsi energi. Bandingkan hasil pengukuran dengan standard IKE Identifikasi kemungkinan Peluang Hemat Energi (PHE).

Tahap Implementasi

Implementasikan hasil dari analisis PHE, lakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi. Rekomendasi implementasi penghematan energi berdasarkan 3 kriteria sesuai dengan Permen ESDM No.4 Tahun 2014 tentang Manajemen Energi, sebagai berikut:

  • Rekomendasi tanpa biaya/investasi (no cost) wajib diterapkan dalam waktu kurang dari 1 tahun.
  • Rekomendasi biaya rendah/investasi rendah (low cost) wajib diterapkan dalam waktu kurang dari 2 tahun.
  • Rekomendasi biaya tinggi/investasi menengah dan tinggi (medium/high cost) wajib diterapkan dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Peralatan Yang Digunakan Untuk Pengujian Energi Bangunan

Peralatan yang digunakan untuk melakukan uji energi pada bangunan berupa:

  • Power Quality Analyzer
  • Electric Safety Gloves
  • Laser Distance Meter
  • Lux Meter
  • Hygro-Thermometer

Metode uji energi yang diterapkan pada bangunan atau gedung perkantoran memang sangat penting dan berguna, tetapi dalam melakukan proses uji energi pada bangunan atau gedung dibutuhkan kerja keras yang sangat intensif. Dibutuhkan partner profesional untuk melakukan uji energi bangunan, agar proses pelaksanaan berjalan dengan cepat dan aman.

PT Testindo sebagai perusahaan yang bergerak dibidang testing & measurement, dapat menjadi partner anda dalam melakukan pengujian energi bangunan. Kami memiliki engineering berpengalaman dalam melakukan uji energi bangunan. Untuk informasi lebih lanjut terkait konsultasi dan pemesanan jasa, dapat hubungi kami di+62 815-6141-954 (Zulfikri), Email : sales@testindo.com atau dapat melalui fitur live chat yang berada di pojok kanan bawah web ini.

Ayo Bantu Share Content Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.