audit struktur dermaga

Apa Itu Dermaga?

Testindo.co.idAudit struktur dermaga merupakan pengujian yang penting pada dermaga, karena seperti yang kita tahu bahwa dermaga merupakan suatu tempat yang digunakan untuk menambatkan kapal-kapal. Dermaga juga digunakan sebagai tempat kapal untuk melakukan bongkar maut barang dan menaik-turunkan penumpang.

Dimensi dermaga didasarkan pada jenis dan ukuran kapal yang akan bertambat pada dermaga tersebut. Dalam mempertimbangkan ukuran dermaga harus didasarkan pada ukuran-ukuran minimal sehingga kapal dapat bertambat atau meninggalkan dermaga, maupun melakukan bongkar muat barang. Dibutuhkannya audit struktur dermaga agar dermaga tersebut dapat terjamin kekuatan dan keamanannya, sehingga setiap kegiatan di dermaga dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

Jenis-jenis Dermaga

Dermaga dapat dibedakan menjadi dua tipe yaitu wharf atau quai dan jetty atau pier.

Wharf atau quai

wharf

Wharf atau quai merupakan dermaga yang paralel dengan pantai dan biasanya berhimpit dengan garis pantai. Wharf juga dapat berfungsi sebagai penahan tanah yang ada dibelakangnya.

Jetty atau pier

jetty

Jetty atau pier merupakan dermaga yang menjorok ke laut, biasanya berbentuk seperti jembatan. Berbeda dengan wharf yang digunakan untuk merapat pada satu sisi, jetty bisa digunakan untuk satu maupun kedua sisinya. Jetty ini biasanya sejajar dengan pantai dan dihubungkan dengan daratan yang biasanya membentuk sudut tegak lurus dengan jetty, sehingga dapat berbentuk T atau L.

Pengujian Struktur Dermaga

Demi menjaga kelayakan pada suatu dermaga, dibutuhkannya analisis pada sturktur dermaga guna mengetahui faktor keamanan pada struktur dermaga dan tingkat kelayakan teknisnya. Dalam melakukan audit struktur dermaga, ada beberapa tahap yang harus dilakukan yaitu:

  • Investigasi Visual

Diperlukannya investigasi visual agar dapat mengidentifikasi masalah yang telah terjadi pada konstruksi dermaga dan juga mengumpulkan data-datanya.

  • Hardness Test

Pengujian Hardness Test dilakukan dengan rumus empirik tertentu yang dapat dikonversikan ke dalam skala brinell atau skala leeb, pengujian ini juga dilakukan untuk memperkirakan kuat tariknya dermaga.

  • Uji Korosi Dengan Ultrasonic

Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui ketebalan baja, dimana dari ketebalan baja aktual dapat diperkirakan tingkat korosi yang terjadi, laju korosi dan prediksi life timenya.

  • Uji Kunci Momment

Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui kekencangan baut dan torsi dari komponen yang disambungkan.

  • Levelling

Levelling dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya pergerakan struktur.

  • Seismic Shock Test

Pengujian ini dilakukan untuk meng-assessment kedalaman tiang, daya dukung dan integritasnya.

Data-data yang terkumpul dari pengujian diatas dapat dianalisis agar mengetahui keadaan struktur dermaga dibawah beban operasi. Untuk melakukan audit struktur pada dermaga dibutuhkan partner yang terpercaya dan profesional. PT Testindo sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang testing & measurement, dapat menjadi partner anda dalam melakukan pengujian ini. Untuk informasi lebih lanjut terkait konsultasi dan pemesanan jasa audit struktur dermaga, anda dapat hubungi kami di +62 815-6141-954 (Zulfikri), Email: sales@testindo.com atau dapat melalui fitur live chat yang berada di pojok kanan bawah web ini.

Ayo Bantu Share Content Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.