core drill

Testindo.co.id – Struktur merupakan bagian inti pada bangunan yang menampung seluruh beban bangunan. Setiap bangunan harus memiliki sturktur yang kuat agar bangunan dapat terjamin keamanannya. Jika struktur mengalami kerusakan, dampaknya sangat besar pada bangunan dan bisa menyebabkan robohnya bangunan. Untuk itu pengujian pada struktur bangunan sangat penting, Core Drill merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk pengujian struktur bangunan.

Apa Itu Pengujian Core Drill?

Core Drill merupakan metode destructive test yang digunakan untuk menguji kondisi beton pada struktur bangunan. Dibutuhkan pengambilan sample atau silinder beton, pengambilan sample tersebut dilakukan menggunakan alat bor khusus agar hasil dari pengeboran berbentuk sample atau silinder yang kemudian dibawa ke laboratorium untuk diuji. Alat yang digunakan pada pengujian ini berupa mesin core drill dan alat untuk menutup lubang bekas pengeboran.

mesin core drill

Sebelum melakukan pengujian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Umur beton minimal 14 hari.
  2. Pengambilan sample dilakukan pada beton yang dirasa telah mengalami penurunan daya kuat.
  3. Pengeboran harus dilakukan tegak lurus dan sejajar dengan permukaan beton.
  4. Pengeboran harus dilakukan pada area yang tidak berbahaya untuk struktur bangunan.
  5. Lubang bekas pengambilan sample harus ditambal dengan beton yang berkualitas dan kuat.

Proses Pengujian Core Drill

  • Alat diletakkan pada lapisan beton/aspal yang akan diuji dengan posisi mendatar
  • Sediakan air untuk mesin core drill, kemudian air tersebut dimasukkan ke dalam mesin menggunakan selang kecil
  • Setelah memasukkan air kedalam mesin, kemudian mata bor mesin tersebut diarahkan ke lokasi yang sudah ditentukan
  • Lakukan pengeboran
  • Setelah pengeboran selesai, sample hasil pengeboran diambil menggunakan penjepit yang tersedia, lalu sample dibawa ke laboratorium untuk pengujian lebih lanjut.

Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi material eksisting beton dan detail terkait kekuatan struktur bangunan. Oleh karena itu, pengujian core drill tidak boleh dilakukan sembarangan. Dibutuhkannya partner professional dalam melakukan pengujian ini, PT Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang testing & measurement dapat membantu anda dalam melakukan pengujian struktur bangunan. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut dapat hubungi kami di +62 815-6141-954 (Zulfikri), Email: sales@testindo.com atau dapat melalui fitur live chat yang berada di pojok kanan bawah web ini.

Ayo Bantu Share Content Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.