elemen struktur bangunan

Testindo.co.idAudit struktur bangunan merupakan suatu proses dalam melakukan evaluasi terhadap kuatnya struktur pada suatu bangunan. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kondisi kekuatan pada struktur bangunan diantaranya akibat termakan usia yang membuat struktur bangunan melemah, tulangan baja yang mengalami karat sehingga tidak terlalu kokoh untuk menampung struktur dan dapat membuat bangunan mengalami deformasi atau retakan.

Struktur bangunan merupakan bagian-bagian dari suatu bangunan yang membentuk bangunan tersebut. Bagian struktur bangunan tersebut mencakup pondasi, kerangka, dinding, balok dan lainnya. Struktur-struktur tersebut berfungsi untuk mendukung mendukung elemen konstruksi lainnya seperti interior dan arsitektur. Struktur rangka bangunan memiliki peran yang sangat penting dalam dunia konstruksi, karena kekuatan bangunan sangat bergantung pada kekuatan strukturnya. Kelemahan atau kerusakan pada struktur bangunan dapat menyebabkan bangunan tersebut mengalami kerusakan dan dapat membahayakan orang-orang disekitar bangunan. Konstruksi struktur pada bangunan tidak boleh sembarangan dibangun, karena sudah ada undang-undangnya.

  • Peraturan tentang Perencanaan Tahan Gempa Indonesia Untuk Bangunan/Gedung 1983;
  • Tata Cara Menghitung Struktur Beton No. SK SNI T-15-1991-03; dan
  • Peraturan Pembebanan Bangunan/Gedung Indonesia tahun 1983.

Jenis Struktur dan Elemen Bangunan

Struktur rangka pada bangunan dapat dibagi menjadi dua tergantung dengan jenis bangunan. Ada yang membagi sebagai struktur atas dan bawah saja, ada juga yang membagi menjadi struktur atas, tengah dan bawah.

1.Struktur atas bangunan

Struktur atas bangunan berfungsi sebagai penopang atap yang biasanya berbentuk memanjang keatas seperti segitiga. Contohnya seperti kerangka, pondasi dan lain-lain.

2.Struktur tengah bangunan

Struktur tengah bangunan merupakan tulangan struktur yang berada ditengah bangunan, termasuk dinding, kolom dan lain-lain.

3.Struktur bawah bangunan

Struktur bawah bangunan merupakan bagian struktur paling penting karena struktur bawah merupakan penopang bangunan dan harus terjamin kekuatan strukturnya. Contoh struktur bawah bangunan adalah pondasi, basement dan sloof.

Elemen Struktur Bangunan

Setiap elemen struktur bangunan memiliki fungsi yang berbeda, tetapi tujuannya tetap sama. Elemen struktur pada bangunan diantaranya:

1.Kolom

Kolom merupakan batang vertical yang memikul beban seluruh bangunan. Kolom merupakan elemen yang sangat penting terhadap ketahanan dan kekuatan bangunan. Kolom merupakan perpaduan antara besi dan beton.

2.Balok

Balok merupakan kebalikan dari kolom, jika kolom merupakan penguat vertical, maka balok merupakan penguat horizontal. Balok berfungsi sebagai pengikat kolom dan dudukan untuk lantai atas dan atap.

3.Rangka Bangunan

Struktur rangka bangunan merupakan struktur pendukung utama pada suatu bangunan.

4.Pondasi

Pondasi merupakan struktur bangunan yang sangat penting, karena pondasi adalah struktur yang menopang keseluruhan struktur dan elemen pada bangunan. Pondasi merupakan bagian struktur yang berhubungan langsung dengan tanah.

5.Sloof

Sloof merupakan struktur bangunan yang berfungsi sebagai penguat lantai pertama dengan pondasi.

6.Dinding

Dinding merupakan elemen struktur paling umum pada bangunan, berfungsi sebagai penahan dan pembatas suatu area.

7.Basement

Basement merupakan elemen struktur bangunan yang tidak wajib ada pada setiap bangunan. Elemen struktur ini berfungsi untuk menambah keterbatasan lahan.

8.Atap

Atap merupakan elemen struktur utama pada bangunan sebagai penutup atas bangunan. Semua bangunan harus memiliki atap agar dapat terlindung dari cuaca panas dan hujan.

Untuk menjaga kondisi struktur dan elemen bangunan dibutuhkan pengujian pada bangunan. Audit struktur bangunan dapat menjadi solusi pengujian pada bangunan. Tujuan pengujian ini adalah mendeteksi dan menemukan kerusakan pada bangunan agar struktur bangunan dapat diperbaiki dan menghilangkan resiko runtuhnya bangunan. PT Testindo dapat menjadi partner anda dalam melakukan pengujian struktur bangunan, informasi lebih lanjut terkait jasa audit struktur bangunan, anda dapat menghubungi kami di +62 815-6141-954 dan Email: sales@testindo.com.

Ayo Bantu Share Content Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *