sistem monitoring ketinggian air

Testindo Luapan air yang berasal dari waduk, bendungan dan juga sungai dapat menimbulkan bahaya, apalagi jika jaraknya dekat dengan perumahan. Besarnya debit dan naiknya ketinggian air dipengaruhi oleh kondisi curah hujan yang cukup tinggi sehinga ketinggian air semakin bertambah sehingga meluap dan menyebabkan banjir.  Ada banyak kerusakkan yang bisa ditimbulkan saat banjir seperti kerusakan bangunan, jembatan, kendaraan, jalan raya dan juga saluran selokan. Kondisi inilah yang menjadi alasan kenapa ketinggian air harus selalu dipantau.sistem monitoring ketinggian air

Memantau tinggi air secara akurat maka perlu dipasang sistem water level monitoring atau pemantauan ketinggian air (Automatic Water Level Recorder) di titik tertentu. Sistem monitoring merupakan proses pengumpulan data dari berbagai sumber daya secara real time.

Semua data pengamatan ini bisa dilihat oleh operator kapanpun dan dimanapun secara online. Proses pengamatan ketinggian air melewati 3 tahapan yaitu pengumpulan data monitoring, analisis data dan menampilkan data hasil monitoring melalui monitor.

Sistem monitoring ini terdiri dari beberapa instrument seperti data loggers, sensor, dan perangkat komputer untuk melihat hasil analisa data. Semua instrumen tersebut membantu proses pemantauan dan pengukuran secara terus menerus untuk mendapatkan data real-time.

Prinsip Kerja Sistem Monitoring Ketinggian Air Milik Testindo

Sensor water level yang telah terhubung dengan data logger dipasang tepat di atas lokasi (bendungan, sungai, dll) yang ingin dipantau ketingginya air-nya. Sensor piezo juga dipasang pada titik tertentu dan dihubungkan dengan TMR Piezo data logger.

Data logger yang terhubung dengan sensor water level berfungsi untuk mengukur ketinggian air di lokasi. Sedangkan TMR Piezo data logger yang terhubung dengan sensor Piezo berfungsi untuk mengukur tekanan pori air tanah.

Sistem monitoring ketinggian air ini juga dilengkapi dengan CCTV PTZ yang berfungsi untuk memantau kondisi di sekitar lokasi pengamatan. Tidak jauh dari pemasangan panel surya dan data logger, dipasang juga Menara pemancar telemtri.

Baca Juga :  Mencegah Banjir dengan Monitoring Ketinggian Air Bendungan Menggunakan AWLR

sistem monitoring ketinggian air

Semua data yang terekam oleh data logger water level dan Piezo data logger akan ditangkap oleh menara telemetri kemudian dikirim ke pusat monitoring yang sudah dipasang perangkat komputer khusus untuk melihat data pengamatan.

Data hasil pengamatan bisa dilihat di monitor komputer dan juga smartphone (mobile device). Sistem monitoring ini hemat daya karena lebih menggunakan solar panel untuk suplai listrik. Sedangkan untuk sistem pengiriman data secara online dan realtime menggunakan GSM 4G LTE. Selain itu juga bisa didukung LoRa Communication Mode yaitu pengiriman data menggunakan sinyal radio jika di lokasi tidak ada jangkauan sinya GSM provider internet.

Mitigasi Banjir dengan Sistem Monitoring Ketinggian Air

Sistem monitoring ini bisa diaplikasikan untuk sungai dan pintu air yang kerap menimbulkan banjir saat curah hujan sedang tinggi. Dengan pemasangan sistem monitoring ketinggian air maka setiap ketinggian air di sungai dan pintu air bisa selalu dipantau sehingga jika ketinggian air sudah mencapai batas maksimal bisa segera dilakukan upaya pencegahan dan juga mitigasi banjir.

Selain itu, juga bisa dilihat penyebab ketinggian air bertambah dengan cepat, entah itu karena sungai atau pintu air yang kurang lebar atau bisa juga karena faktor lain seperti tumpukan sampah, pepohonan yang tumbang dan lainnya.

Pemasangan Sistem Monitoring Ketinggian Air oleh Testindo

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sistem monitoring dan pengujian melayani pemasangan atau instalasi Automatic Water Level Recorder. Berikut ini video pemasangan dan juga pengenalan AWLR :

Jika Anda berminat untuk melakukan pemasangan monitoring ketinggian air ini atau ingin mengajukan pertanyaan silahkan hubungi kami melaui :



Email : Sales@testindo.com