sistem peringatan dini gempa pada gedung

Testindo Sebagai sebuah negara yang terletak di wilayah Cincin Api Pasifik, Indonesia terletak pada salah satu wilayah yang rawan gempa bumi. Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah menyaksikan beberapa gempa bumi besar yang telah menimbulkan kerusakan besar di beberapa wilayah Indonesia. Bangunan yang paling terdampak oleh getaran gempa yaitu gedung tinggi seperti gedung perkantoran, apartemen dan lainnnya. Maka dari itu, setiap gedung sebaiknya dipasang sistem peringatan dini gempa.

Sistem ini bertujuan untuk memberikan peringatan dini kepada penghuni gedung mengenai kemungkinan terjadinya gempa bumi sehingga memberikan waktu yang cukup bagi penghuni gedung untuk menyelamatkan diri. Sistem peringatan dini gempa bumi pada gedung terdiri dari beberapa alat dan instrumentasi untuk mendeteksi getaran gempa bumi dan memberikan peringatan dini kepada penghuni gedung.

Manfaat Sistem Peringatan Dini pada Gedung

Sistem peringatan dini gempa bumi pada gedung juga dapat membantu dalam pengelolaan bencana gempa bumi dengan memberikan informasi kepada pihak yang berwenang untuk mengambil tindakan yang diperlukan. Manfaat dari sistem peringatan dini gempa bumi pada gedung sangatlah besar, diantaranya :

Mencegah Korban Jiwa

Dengan memberikan peringatan dini kepada penghuni gedung, sistem ini dapat membantu menyelamatkan nyawa saat terjadi gempa bumi. Dengan waktu yang cukup untuk mengambil tindakan, penghuni gedung dapat meninggalkan gedung dengan aman sebelum gempa bumi terjadi, mengurangi risiko kehilangan nyawa.

Mematikan Sistem Gedung Secara Otomatis

Selain menyelamatkan nyawa, sistem peringatan dini gempa bumi dapat terintegrasi dengan building automation system pada gedung sehingga dapat mengambil tindakan untuk meminimalkan kerusakan pada bangunan dengan mematikan listrik dan gas, lift, eskalator, dan sistem lainnya secara otomatis.

Meningkatkan Kesadaran dan Kewaspadaan

Baca Juga :  Apa Itu Gempa Megathrust dan Bagaimana Dampaknya ? Ini Penjelasannya

Sistem peringatan dini gempa bumi pada gedung juga dapat meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan pada penghuni gedung, sehingga ketika terjadi gempa dan alarm peringatan dini telah dibunyikan maka para penghuni gedung dapat sigap menyelamatkan diri.

Cara Kerja Sistem Peringatan Dini Gempa pada Gedung

Sistem peringatan dini gempa bumi pada gedung bekerja dengan cara mendeteksi getaran yang dihasilkan oleh gempa bumi dan memberikan peringatan dini kepada penghuni gedung. Sistem ini terdiri dari beberapa alat seperti sensor getaran, perangkat pengolahan data, dan perangkat pemberi peringatan dini. 

Sensor getaran berfungsi untuk mendeteksi getaran yang dihasilkan oleh gempa bumi dan mengirimkan sinyal ke perangkat pengolahan data. Perangkat pengolahan data kemudian akan menganalisis sinyal dari sensor getaran dan menentukan apakah itu adalah getaran gempa bumi atau tidak.

Misalkan pemasangan sistem peringatan dini EQuake Smart dari Testindo di gedung tinggi. Ada 4 titik yang dipasang sensor yaitu bagian lantai paling atas, lantai tengah dan dasar serta bagian basement. Nantinya semua sensor tersebut akan menganalisa dan merekam getaran gempa yang terhubung dengan alarm peringatan. Jika getaran gempa sudah membahayakan maka alarm peringatan akan berbunyi sehingga para penghuni gedung bisa segera keluar dari gedung.

Layanan EQuake Smart, Lihat Infonya Disini >>>

Testindo menyediakan layanan pemasangan sistem peringatan dini gempa bumi (Early Warning System Gempa Bumi) untuk berbagai jenis bangunan termasuk gedung tinggi yang dapat terintegrasi dengan Building Automation System. Informasi lebih lanjut dan pertanyaan silahkan hubungi kami :



Email : Sales@testindo.com

Bisa juga melalui live chat yang berada di pojok kanan bawah halaman web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *