pemantauan perkerasan jalan di bandara

Testindo Bandara merupakan infrastrutur penting untuk transportasi penerbangan, sehingga faktor keamanannya harus mendapat perhatian penting. Kondisi jalan atau aspal di landasan bandara dan taxi way juga menjadi sorotan tajam.

Jika sampai terjadi deformasi dan defleksi atau pergeseran dan keretakan pada landasan maka dapat membahayakan roda pesawat yang akan mendarat dan lepas landas. Inilah mengapa pemantauan perkerasan jalan atau Pavement Monitoring System harus dilakukan.

Mengenal Pavement Monitoring System

Pemantauan perkerasan jalan atau pavement monitoring system merupakan sistem yang digunakan untuk memantau kondisi dan kinerja perkerasan jalan atau landasan secara terus-menerus atau periodik.

Tujuan utamanya adalah untuk mengumpulkan data tentang integritas struktural jalan, mengidentifikasi kerusakan atau deformasi awal, serta membantu dalam perawatan dan perencanaan pemeliharaan yang efisien.

Ini Alasan Kenapa Harus Dilakukan Pemantauan Perkerasan Jalan di Bandara

Ketika landasan yang menjadi lintasan pesawat dan juga taxiway sudah dibangun, bukan berarti dibiarkan begitu saja. Perkerasan jalan di dalam landasan udara sebaiknya dipantau secara berkala, ini alasannya :

Keselamatan Penerbangan

Kondisi perkerasan yang buruk dapat menyebabkan risiko keselamatan bagi pesawat dan penumpang. Kerusakan pada landasan pacu seperti retakan, deformasi, atau lubang dapat mengganggu pendaratan dan lepas landas pesawat, bahkan menyebabkan insiden atau kecelakaan.

Beban Lalu Lintas

Bandara adalah tempat dengan lalu lintas udara yang padat, terutama pada bandara internasional yang melayani banyak penerbangan lintas negara. Perkerasan harus mampu menahan beban berat dari pesawat yang lepas landas dan mendarat secara berulang-ulang.

Bandara Beroperasi 24 Jam

Hampir semua bandara beroperasi sepanjang waktu. Pemantauan perkerasan sangat penting karena tidak ada waktu yang benar-benar “aman” untuk melakukan perbaikan besar. Pemantauan membantu mengidentifikasi masalah sebelum menjadi serius.

Efisiensi Operasional

Kerusakan pada perkerasan bandara dapat mengakibatkan penutupan landasan pacu atau taksi, mengganggu jadwal penerbangan dan menyebabkan penundaan. Pemantauan yang baik dapat membantu mengidentifikasi masalah lebih awal dan mengurangi waktu penutupan.

pavement monitoring system

Layanan Pavement Monitoring System, Klik Disini >>

Penghematan Biaya

Memperbaiki kerusakan yang lebih kecil lebih murah daripada melakukan perbaikan besar akibat kerusakan yang tidak terdeteksi. Pemantauan perkerasan membantu dalam perencanaan pemeliharaan yang lebih efisien dan biaya yang lebih rendah dalam jangka panjang.

Fungsi Lain dari Pavement Monitoring System

Pemeliharaan Terjadwal

Data pemantauan membantu mengidentifikasi pola kerusakan dan peregangan pada jalan atau landasan. Dengan informasi ini, bandara dapat merencanakan pemeliharaan yang terjadwal, mengurangi dampaknya pada operasi harian.

Standar Keselamatan Internasional

Bandara harus mematuhi standar keselamatan internasional yang ketat. Pemantauan perkerasan membantu memastikan bahwa perkerasan memenuhi persyaratan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Baca Juga :  Ini Manfaat SHMS Jembatan Pasca Lebaran

Peningkatan Umur Pakai Infrastruktur

Dengan pemantauan yang baik dan pemeliharaan yang tepat waktu, umur pakai perkerasan dapat diperpanjang, mengurangi biaya pembangunan ulang yang mahal.

Mehami Kondisi Material Jalan

Perkerasan bandara sering kali menggunakan campuran aspal dan beton yang kompleks. Pemantauan membantu memahami bagaimana kondisi material berubah seiring waktu dan bagaimana mengatasi masalah yang mungkin timbul.

Manfaat Pavement Monitoring System di Bandara

Dengan melakukan pemantauan ini secara berkala tentunya dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk keamanan dan kenyamanan untuk pengguna dan pengelola bandara, diantaranya :

Keselamatan Penerbangan

Pemantauan perkerasan jalandi bandara  membantu mengidentifikasi kerusakan atau deformasi pada landasan pacu bandara, taxi ways, dan area penting lainnya yang dapat mengganggu pendaratan atau lepas landas pesawat. Ini mengurangi risiko insiden dan kecelakaan yang dapat terjadi karena kondisi perkerasan yang buruk.

Penurunan Risiko Keterlambatan dan Pembatalan Penerbangan

Dengan memantau secara rutin, bandara dapat mengidentifikasi masalah perkerasan yang memerlukan perbaikan lebih awal. Hal ini membantu menghindari penutupan mendadak landasan pacu atau taksi yang dapat menyebabkan keterlambatan atau pembatalan penerbangan.

Pemeliharaan yang Lebih Efisien dan Tepat Sasaran

Pemantauan perkerasan jalan di bandara membantu pengelola untuk merencanakan pemeliharaan secara lebih terarah. Dengan menganalisis data pemantauan, bandara dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau pemeliharaan lebih lanjut, mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan untuk perawatan.

Pengaruh Pavement Monitoring System untuk Reputasi Bandara

Peningkatan Keamanan untuk Pekerja Bandara

Pemantauan perkerasan juga membantu dalam mengidentifikasi area yang mungkin berpotensi berbahaya bagi pekerja bandara, seperti area dengan retakan dalam perkerasan yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja.

Pemantauan Pengaruh Dampak Cuaca dan Lingkungan

Beberapa bandara berada di lingkungan yang rentan terhadap perubahan cuaca ekstrem. Pemantauan perkerasan membantu dalam memahami bagaimana perubahan suhu dan kelembaban memengaruhi kondisi perkerasan, serta dampak jangka panjang terhadap lingkungan.

Peningkatan Reputasi Bandara

Bandara yang terkenal memiliki infrastruktur yang terawat dengan baik akan lebih menarik bagi maskapai dan penumpang. Ini berdampak positif pada citra bandara dan dapat meningkatkan jumlah penerbangan dan penumpang.

pavement monitoring system

Layanan Pavement Monitoring System, Klik Disini >>

Selain menjaga keamanan dan kenyamanan, hasil data pemantauan perkerasan jalan di bandara juga bisa dijadikan pendukung untuk menentukan apakah layak beroperasi atau tidak sehingga mencegah risiko terburuk akibat adanya kerusakan pada landasan.

Testindo sebagai Perusahaan Monitoring System & Engineering Solution menyediakan layanan Pavement Monitoring System untuk jalanan atau landasan bandara. Informasi pemesanan dan pertanyaan silahkan hubungi kami melalui :


Email: sales@testindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *