Pile Integrity Test (PIT)

Testindo.co.id – Setiap bangunan memiliki pondasi, tanpa pondasi yang kuat dan kokoh suatu bangunan tidak akan bertahan lama dan akan hancur. Pondasi memiliki fungsi sebagai penampung beban bangunan dan meneruskan beban ke dalam tanah agar tidak ada differential settlement pada sistem strukturnya.

differential settlement adalah istilah yang digunakan dalam rekayasa struktural untuk kondisi di mana pondasi pendukung bangunan mengendap dengan cara yang tidak rata, sering kali menyebabkan kerusakan struktural. Untuk melakukan pengujian pondasi maka dibutuhkannya Pile Integrity Test.

Apa Itu Pile Integrity Test?

Pile Integrity Test merupakan metode NDT (Non-Destructive Test), metode ini menggunakan persamaan gelombang yang dikenal sebagai beban kejut atau test pantulan gelombang sonic, dan juga renggangan rendah dinamik test. Pegujian PIT ini menggunakan instrument accelometers pada tiang pondasi, dan juga menggunakan palu kecil untuk memukulnya. Pile Integrity Test akan menampilan kurva terkait data signifikan yang ada pada tiang pondasi. Data yang dikumpulkan merupakan data terkait integritas luas pondasi, volume pondasi dan keretakan pada pondasi di bawah tanah.

Sebelum melakukan pengujian, permukaan pondasi dihaluskan dengan menggunakan gerinda, tujuannya agar tidak ada sisa-sisa material bekas cor yang menempel pada permukaan yang akan di uji. Dibutuhkan juga tanggal terkait pengeboran tanah dan tanggal pengecoran pondasi agar petugas dapat memperhitungkan beban yang akan diberikan pada pondasi tersebut.

Setelah permukaan pondasi dihaluskan, sensor dapat dipasangkan pada permukaan dan memulai beban  dari 1,5 kg – 12 kg yang paling besar agar mengetahui pantulan gelombang dari ujung tiang bawah.

Beban 1,5 kg di pukulkan pada permukaan pondasi sebanyak tiga kali agar gelombang dapat terbaca pada alat atau layar monitor. Selanjutnya hasil pengujian dari beban 1,5 kg di simpan dan dilanjutkan dengan menggunakan beban yang lebih besar dengan menggunakan teknik yang sama.

Penerapan PIT

Mengenal Alat Pile Integrity Test (PIT TEST)

Untuk melakukan pengujian PIT dibutuhkan sebuah alat yang handal dan mudah digunakan, salah satunya adalah alat pile integrity test seperti dibawah ini. Alat PIT ini keuntungan-keuntungan berikut ini:

Alat pile integrity testAlat pile integrity test

  1. Mudah Digunakan

Alat PIT ini sangat mudah digunakan, karena fungsi-fungsi di dalam alat ini sangat mudah dikenali oleh engineer sipil. Namun jika anda membutuhkan training, kami juga siap untuk melatih anda menggunakan alat ini.

  1. Memiliki Konektivitas USB & Bluetooth

Dengan adanya sambungan USB & Bluetooth akan memudahkan anda untuk transfer data ke PC, Tablet atau smartphone anda.

  1. Rugged design

Alat ini sudah dirancang khusus untuk kondisi medan yang berat dan kurang bersahabat, selain itu alat ini juga sudah memiliki standar perlindungan IP68 (Perlindungan terhadap perendaman terus menerus dalam air).

  1. Kualitas sinyal bagus

Tingkat kebisingan yang sangat rendah, memperluas batas metode uji integritas tiang yang biasa, hingga tiang yang lebih Panjang.

  1. Produktivitas tinggi

Dalam kondisi yang menguntungkan – hingga 100 pile/jam dapat diuji, oleh satu operator.

Itulah 5 keuntungan dari alat pile integrity test, jika ada pertanyaan terkait alat atau jasa pile integrity test jangan ragu untuk menghubungi kami di No +62 813-9929-1909 (Zulfikri).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *