weigh in motion

Testindo.co.id – Seringnya terjadi kecelakaan transportasi darat seperti mobil atau truk disebabkan oleh beberapa faktor yang meliputi faktor human error dan faktor keadaan jalur transportasi. Rusaknya jalur transportasi dapat diakibatkan oleh beban kendaraan yang terlalu over. Mengutip dari Liputan6.com, bahwa Kepala Subdirektorat Penimbangan Kendaraan Bermotor Mulyahadi menyampaikan agar Indonesia bebas dari kendaraan Over Dimension dan Over Loading (ODOL), dalam mewujudkan hal tersebut dibutuhkannya sistem Weigh-In-Motion (WIM).

Apa itu sistem Weigh-In-Motion?

Weigh-In-Motion (WIM) merupakan suatu sistem yang digunakan untuk melakukan pengukuran beban kendaraan dalam keadaan kendaraan sedang bergerak. Sistem ini merupakan upgrade dari sistem sebelumnya yang melakukan pengukuran secara statis (kendaraan tidak bergerak). Pengukuran dengan sistem WIM digunakan untuk mendapatkan data terkait beban gandar (axle weight), beban total (gross weight), jarak antar gandar (axle spacing), klasifikasi kendaraan dan kecepatan kendaraan.

Sistem Weigh-In-Motion terdiri dari beberapa instrument. Instrument pada sistem WIM terus berkembang seiring berkembangnya jaman, ada juga beberapa instrument basic yang digunakan pada sistem ini seperti load cell, strain gauge dan piezoelectric. CCTV juga digunakan sebagai instrument tambahan guna mengumpulkan data terkait klasifikasi kendaraan dan kecepatan kendaraan.

Alasan WIM Perlu Diterapkan

Sebagai Sistem Perawatan Jembatan atau Jalan

Penerapan Weigh-In-Motion pada jembatan atau jalan juga dapat mejadi salah satu solusi dalam melakukan perawatan jembatan atau jalan. Dikarenakan banyaknya truk yang over loading (ODOL) mengakibatkan rusaknya jalan dan jembatan.

Pencegahan Terjadinya Kecelakaan

Weigh-In-Motion juga berfungsi dalam pencegahan kecelakaan kendaraan yang over loading. Kasus yang kerap terjadi dimana kendaraan yang over loading mengalami rem blong karena kelebihan muatan, untuk itu dibutuhkannya sistem WIM dalam melakukan pengukuran beban kendaraan dan dimensi kendaraan,  jika kendaraan berat melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan dapat diketahui melalui data yang terekam melalui kamera cctv.

Solusi Weigh-In-Motion

Untuk membangun sistem WIM, anda memerlukan partner berpengalaman dan professional, PT. Testindo merupakan partner yang tepat dalam melakukan pembangunan sistem WIM. Kami memiliki engineering berpengalaman yang dapat membantu anda dalam melakukan pembangunan sistem weigh-in-motion agar lebih cepat dan aman, untuk informasi lebih lanjut dapat hubungi kami di +62 813-9929-1909 atau dapat melalui fitur live chat yang berada di pojok kanan bawah web ini.

Ayo Bantu Share Content Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *