uji homogenitas beton

Testindo.co.id – Apa itu homogenitas beton? homogenitas beton ialah sifat ataupun kekuatan pada beton, setiap beton memiliki perbedaan baik dari segi kepadatan maupun kekuatan, oleh karena itu dibutuhkan uji homogenitas beton untuk mengetahui volume kepadatan pada beton.

Tujuan uji homogenitas beton

Tujuan dari pengetesan homogenitas pada beton adalah untuk mengetahui kekuatan dari beton itu sendiri, jika kekuatan beton tidak sesuai standar maka beton tersebut tidak layak fungsi. Mengetahui homogenitas beton sangatlah penting untuk pembangunan, dengan melakukan uji homogenitas beton kita dapat mengetahui seberapa besar volume beton, kekuatan beton, sampai usia bangunan.

Metode Pengujian

Dalam melakukan pengujian homogenitas beton metode yang dipakai ialah metode UPVT

Metode UPVT/Pundit Test adalah metode pengujian Non-Destructive Test atau pengujian tanpa merusak objek yang sedang diuji yang berfungsi untuk melakukan identifikasi kualitas/mutu beton menggunakan rambatan gelombang ultrasonic pada beton. Dengan menggunakan metode UPVT untuk uji homogenitas beton akan lebih mudah dan aman karena tidak perlu merusak beton.

Mengenal Alat Ultrasonic Pulse Velocity Test (UPVT)

UPVT adalah metode yang memanfaatkan gelombang ultrasonic untuk mendeteksi sesuatu, gelombang ultrasonik disalurkan dari transmitter transducer yang diarahkan ke permukaan beton melalui material beton menuju receiver transducer, dan waktu tempuh gelombang tersebut diukur oleh unit PUNDIT (Portable Unit Non Destructive Indicator Tester).

Metode  UPVT memiliki 3 pengaplikasian antara lain :

  • Direct transmission

Pengaplikasian Langsung dimana pengukuran dilakukan dengan cara receiver dan transmitter diletakan berhadapan.

  • Semi direct transmission

Pengaplikasian semi langsung dimana receiver tranducer dan transmitter tranducer diletakan satu tegak lurus dan satu mendatar.

  • Indirect/surface transmission

Pengaplikasian tidak langsung dimana receiver transducer dan transmitter receiver diletakkan dalam bidang datar.

Bagi anda yang membutuhkan jasa UPVT untuk uji homogenitas beton kami menyediakan layanan PUNDIT Test atau Ultrasonic Pulse Velocity Test yang didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman. Informasi pemesanan silakan hubungi kontak kami di : (021) 29563045, atau bisa melalui whatsapp: Zulfikri 0813-9929-1909 dan bisa juga melalui email kami: sales@testindo.com

Ayo Bantu Share Content Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *