Testindo – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Sehingga, pembangunan jembatan di Indonesia menjadi sangat penting untuk menghubungkan pulau-pulau tersebut. Jembatan juga merupakan salah satu infrastruktur penting untuk memajukan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
9 Jembatan Terpanjang di Indonesia
Dari sekian banyak jembatan, ternyata ada 10 jembatan terpanjang di Indonesia dengan desain yang cantik. Berikut ini nama-nama jembatan terpanjang di Indonesia :
Jembatan Suramadu (Surabaya – Madura) – Panjang: 5,4 km
Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan antara Surabaya dengan Madura, Jawa Timur, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 5,4 km dan diresmikan pada tahun 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini dan menjadi salah satu ikon dari provinsi Jawa Timur.
Bukan itu saja, Jembatan Suramadu ini juga menjadi objek wisata bagi banyak orang karena disepanjang jalan di atas jembatan disuguhi pemandangan laut yang sangat indah.
Jembatan Pasupati (Bandung) – Panjang : 2,8 KM
Jembatan ini juga sering disebut sebagai Jalan Layang Pasupati yang sudah beroperasi sejak tahun 2005. Nama Pasupati itu sendiri berasal dari 2 nama jalan di Bandung yaitu Pasteur dan Surapati.
Jembatan Pasupati merupakan jembatan terpanjang ke-2 di Indonesia setelah Jembatan Suramadu. Panjang dari jembatan ini kurang lebih 2,8 Km dengan lebar 21,53 meter yang bagian tengahnya ditahan oleh satu tiang yang tinggi dan ditahan menggunakan 19 cable stayed.
Jembatan Barelang (Batam – Rempang – Galang) – Panjang: 2,2 km
Sesuai dengan namanya, jembatan ini merupakan jembatan yang menghubungkan tiga pulau di Kepulauan Riau, yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini memiliki total panjang sekitar 2,2 km dan terdiri dari enam jembatan yang berbeda-beda. Jembatan Barelang dibangun pada tahun 1992. Selain sebagai sarana transportasi, Jembatan Balerang juga sering dilewati karena melintasi laut yang sangat cantik.
Jembatan Musi IV (Palembang) – Panjang: 1,13 km
Selain memiliki jembatan Ampera, di Palembang ada juga Jembatan Musi yang panjangnya 1130 meter. Sedangkan untuk sisi Ulu memiliki panjang 353 meter, dari sisi Ilir panjangnya 464 meter dan bentang utama 313 meter. Jembatan Musi IV memiliki lebar 12 yang memang dibangun sebagai salah satu solusi untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di atas Jembatan Ampera.
Jembatan Siak (Pekanbaru, Riau) – Panjang: 1,196 km
Jembatan Siak terletak di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia. Jembatan ini melintasi Sungai Siak dan menghubungkan dua kecamatan, yaitu Kecamatan Tenayan Raya dan Kecamatan Bukit Raya. Jembatan yang punya nama lain Jembata Tengku Agung Sultanah Latifah ini panjangnya sekitar 1.196 meter dengan lebar 16,95 meter.
Sedangkan untuk trotoar di kanan dan kiri jembatan memiliki lebar 2,25 meter. Untuk tingginya sektiar 23 meter di atas permukaan Sungai Siak.
Jembatan Ampera (Palembang) – Panjang: 1,1 km
Jembatan Ampera adalah jembatan ikonik yang terletak di kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 1,1 km dan menghubungkan antara kota Seberang Ulu dengan kota Seberang Ilir di atas sungai Musi. Jembatan Ampera diresmikan pada tahun 1965 dan menjadi salah satu simbol dari kota Palembang yang merupakan pusat perdagangan dan kebudayaan di Sumatera Selatan.
Jembatan Merah Putih (Ambon, Maluku) – Panjang: 1,14 km
Jembatan Merah Putih adalah jembatan gantung yang terletak di kota Ambon, Maluku, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 1,14 km dan diresmikan pada tahun 2018 oleh Presiden Joko Widodo. Nama jembatan ini diambil dari warna bendera Indonesia yang merupakan simbol dari persatuan dan kesatuan bangsa.
Jembatan Barito (Banjarmasin) – Panjang: 1,08 km
Jembatan Barito adalah jembatan yang terletak di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 1,08 km dan menghubungkan antara kota Banjarmasin dengan kota Martapura di atas sungai Barito. Jembatan ini diresmikan pada tahun 2016 oleh Presiden Joko Widodo dan menjadi jembatan terpanjang di Kalimantan saat itu.
Jembatan Kutai Kartanegara (Sangatta) – Panjang: 710 km
Jembatan Kutai Kartanegara memiliki panjang 710 m dan menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Jembatan ini merupakan jalur yang menghubungkan kota Tenggarong menuju kota Samarinda.
Jembatan ini dibangun pada 1995 hingga 2001, yang dibangun tepat di atas sungai Mahakam. Total biaya untuk pembangunan jembatan Kutai Kartanegara sekitar Rp300 miliar.
Semua jembatan terpanjang di Indonesia tersebut tentunya dibangun dengan perencanaan dan perhitungan yang matang sehingga dapat bertahan lama walupun digunakan terus menerus sebagai sarana transportasi. Biasanya setiap jembatan selalu dianalisa kondisi strukturnya dengan melakukan SHMS (Structural Health Monitoring System) atau sistem monitoring jembatan untuk monitoring kesehatan struktur jembatan/
Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang testing & monitoring menyediakan layanan SHMS dan Loading Test Jembatan di seluruh Indonesia. Pemesanan dan pertanyaan seputar SHMS dan Loading Test silahkan menghubungi kami melalui :
Bisa juga melalui live chat yang berada di pojok kanan bawah halaman web ini.