alat pemantau tinggi muka air

Testindo Tanah merupakan media alam yang memiliki unsur hara yang berbeda-beda, tergantung dari lokasi dan juga iklim suatu wilayah. Selain itu, di dalam tanah juga terdapat kandungan air yang dapat mempengaruhi kondisi dan pergerakkan tanah. alat pemantau tinggi muka air

Saat memasuki musim penghujan, aliran air yang berada di dalam tanah dapat menyebabkan erosi sehingga terjadi tanah longsor. Erosi itu sendiri disebabkan oleh aliran air yang berasal dari air hujan atau gelombang air laut yang mengikis bagian bawah atau lereng tanah.

Ketika musim kemarau volume air di dalam tanah semakin menipis bahkan bisa mengering, sehingga dapat berdampak buruk untuk tumbuhan dan juga lahan gambut. Tidak sedikit kasus kebakaran hutan dan lahan gambut akibat kondisi air tanah yang mengering ditambah cuaca panas saat kemarau.

Automatic Water Level Recorder, Alat Pemantau Tinggi Muka Air

Selain memiliki dampak yang buruk untuk hutan dan wilayah dataran tinggi, curah hujan yang cukup tinggi di wilayah perkotaan juga berpotensi menyebabkan banjir. Maka dari itu kondisi tinggi muka air harus selalu dipantau karena memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perkebuhan, pertambangan, sawah dan wilayah pemukiman penduduk.

Untuk mengukur dan memantau ketinggian muka air menggunakan alat yang disebut Automatic Water Level Recorder (AWLR). Alat ini berfungsi untuk mengukur ketinggian air secara otomatis pada suatu tempat seperti bendungan, waduk, lahan gambut, sungai dan lainnya.

instrument-monitoring-bendungan-awlr
Alat Pemantau Tinggi Muka Air di Waduk, Batam (Doc. Testindo)

Melalui data yang dihasilkan oleh alat pemantau tinggi muka air ini, maka bisa langsung ditentukan tindakan selanjutnya. Misalkan saat AWLR dipasang di bendungan atau waduk, ketika air naik semakin tinggi maka pengurus bisa langsung mengambil tindakan untuk mencegah bendungan menjadi jebol.

Baca Juga :  Sistem Monitoring Ketinggian Air ( Water Level Monitoring ) untuk Mitigasi Banjir

Contoh lainnya, ketika alat ini dipasang di sungai maka akan menunjukan ketinggian muka air sungai, jika ketinggiannya semakin naik maka debit air juga ikut meningkat sehingga pihak setempat bisa menentukan langkah yang akan diambil untuk pencegahan bencana banjir.

Instalasi Automatic Water Level Recorder oleh Testindo

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sistem integrasi dan solusi monitoring, Testindo juga menyediakan alat dan instalasi pemasangan AWLR (Automatic Water Level Recorder) untuk berbagai tempat dan wilayah di seluruh Indonesia. Alat untuk memantau ketinggian air ini terdiri dari beberapa instrumentasi seperti sensor dan juga data logger yang dilengkapi jaringan internet untuk mengirim data ke server.

Dengan didukung tim engineering yang berpengalaman, Testindo sukses memasang Automatic Water Level Recorder (AWLR) di beberapa wilayah, seperti :

Instalasi AWLR, Alat Pemantau Tinggi Muka Air di Waduk SEI Harapan, Batam

instalasi-awlr-5-bendungan-batam

Instalasi AWLR di Lahan Gambut Provinsi Riau

awlr-untuk-lahan-gambut

Jika Anda membutuhkan layanan instalasi Alat pemantauan ketinggian muka air ini atau ingin bertanya silahkan menghubungi kami melalui :


Email : sales@testindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *