alat pengukur kualitas udara

Testindo – Alat pengukur kualitas udara adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur tingkat polusi udara di suatu tempat. Alat ini terhubung dengan sensor khusus untuk memantau dan mengumpulkan data berbagai parameter kualitas udara.

Nantinya, data tersebut akan dianalisa untuk menentukan tingkat polusi di tempat atau wilayah tersebut. Jika kondisi kualitas udara sudah dianggap memburuk seperti ketika terjadi kebakaran hutan atau kabut asap, maka pihak setempat atau pemerintah daerah akan mengeluarkan himbauan kepada masyarakat untuk menggunakan masker.

Cara Kerja Alat Pengukur Kualitas Udara Lingkungan

Air Quality Monitoring System Ambient atau alat pengukur kualitas udara lingkungan ini melakukan pengamatan secara periodik atau berkala. Setiap parameter udara yang diukur menggunakan sensor yang terpasang pada alat pengukur kualitas udara ini diantaranya SO2, NO, CO, PM10, PM2.5, Ozon, air tanah dan lainnya.

Layanan Pemasangan Alat Pengukur Kualitas Udara, Klik Disini >>

Selanjutnya, data monitoring udara secara real time tersebut akan diolah oleh sistem analyzer yang terpasang. Melalui pengukuran ini bisa diketahui apakah polutan yang ada di udara sudah masuk ke dalam tahap yang berbahaya atau masih dalam batas aman untuk manusia dan juga lingkungan.

Alat ini biasanya dipasang di wilayah yang rawan polusi seperti perkotaan, zona industri, pertambangan dan tempat lainnya. Nantinya, alat ini dapat terhubung dengan sistem peringatan dini, sehingga ketika kualitas udara sudah sangat memburuk maka akan keluar notif yang bisa dilihat melalui website pemerintah daerah dan juga papan index kualitas udara atau ISPU.

Jenis Alat Pengukur Kualitas Udara Lingkungan

Ada berbagai macam jenis model alat monitoring kualitas udara, tergantung kebutuhan dan juga lokasi pemantauan. Ada yang bisa dipindahkan atau dibawa-bawa, ada juga yang bisa dipasang secara permanen di tempat tertentu.

Baca Juga :  Permasalahan Polusi Udara di Indonesia, Apa Iya Separah Itu ?

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering & monitoring solution menjual berbagai macam alat pengukur kualitas udara lingkungan. Berikut ini jenis alat pengukur kualitas udara yang disediakan :

Station AQMS

station-aqms

Alat monitoring ini bisa dibilang sebagai stasiun pengamatan karena memang dipasang untuk mengamati area yang cukup luas. Sistem yang digunakan pada stasiun ini berfungsi untuk mengukur kualitas udara di suatu lokasi secara terus-menerus.

Data yang dikumpulkan oleh sistem pada stasiun ini akan digunakan untuk menganalisa tingkat polusi dan dijadikan data pendukung untuk penerapan peraturan mengenai emisi untuk kendaraan dan industri.

TRAFFIC AQMS

alat pengukur kualitas udara

Alat pengukur kualitas udara Traffic AQMS ini biasanya di pasang di jalan-jalan perkotaan dan pedesaan yang sering dilalui kendaraan dan dekat dengan area industri. Di dalam traffic AQMS sudah tersusun analyzer untuk setiap parameter kualitas udara yang diukur.

MOBILE AQMS

Jika Anda ingin mengukur kualitas udara di tempat yang berbeda-beda, maka bisa menggunakan jenis mobile AQMS ini. Didesain secara khusus untuk aktivitas pemantauan yang mengharuskan berpindah tempat.

Jika Anda berminat untuk melakukan pemasangan alat pengukur kualitas udara Air Quality Monitoring System atau ingin konsultasi terlebih dahulu dengan tim kami, silahkan menghubungi :

Email: sales@testindo.com

Bisa juga chat dengan tim kami melalui fitur chating yang ada di pojok kanan bawah website ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *