csl test

Testindo.co.id – Pondasi pada struktur bangunan merupakan suatu aspek penting yang harus terjamin kondisi dan kekuatannya. Pondasi beton pada bangunan sering kali mengalami kerusakan atau cacat seperti keretakan, void, scalling dll. Untuk mengetahui kondisi beton, dibutuhkan pengujian CSL (Crosshole Sonic Logging) Test, berikut penjelasannya.

Pengertian CSL Test

CSL (Crosshole Sonic Logging) Test merupakan suatu teknik pengujian yang paling akurat untuk menganalisa dan menilai integritas suatu pondasi bangunan yang terbuat dari beton. Biasanya, metode ini digunakan untuk menentukan kualitas suatu tempat untuk dijadikan spot poros pengeboran (drilled shafts). Metode CSL dapat mendeteksi luas, sifat, kedalaman dan lokasi lateral yang mengalami cacat. Metode ini biasanya dilakukan menggunakan tabung akses (tabung PVC atau baja) 1,5 inci.

Tabung ini diikat pada rebar cage, kemudian dimasukkan ke dalam shaft pada saat proses pengerjaan konstruksi. Tabung diisi dengan air yang berfungsi sebagai media perantara, kemudian sensor yang berupa transmitter dan receiver diturunkan. Ketinggian kedua sensor ini harus sejajar agar hasil pengukuran yang didapat bisa sesuai.

pengerjaan csl test

Gambar 1.1 Pengambilan Data CSL

Prosedur Pengerjaan

Prinsip dasar pengerjaan CSL Test yaitu menggunakan gelombang ultrasonic pada 1 sensor transmitter dan 1 sensor receiver yang ditarik secara bersamaan dengan jarak yang sama sehingga hasil pengukurannya lebih tepat dan akurat. Nantinya kedua buah sensor tersebut akan memberikan hasil pengukuran ke data logger.

Proses pengerjaan CSL Test ini dilakukan berulang-ulang secara berkala dan selanjutnya hasil pengukuran tersebut dipetakan. Hasil yang diperoleh dari tabung akses tersebut berupa data grafik yang nantinya diolah untuk dianalisa. Dari situ kita bisa mengetahui kondisi dan struktur pondasi beton.

Dalam melakukan pengujian CSL tentunya harus didampingi partner yang berpengalaman dan memiliki instrument yang dibutuhkan. Bisa dibilang memang membutuhkan keahlian khusus untuk melakukan pengujian ini.

PT. Testindo sebagai perusahaan yang bergerak dibidang testing & measurement dapat menjadi partner terbaik anda untuk melakukan CSL Test, didukung dengan instrument yang memadai dan engineering berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut mengenai konsultasi dan pemesanan jasa, Anda dapat menghubungi kami di +62 815-6141-954 (Zulfikri), Email: sales@testindo.com atau dapat melalui fitur live chat yang berada di pojok kanan bawah web ini.

Ayo Bantu Share Content Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.