geolistrik

Testindo.co.id – Air merupakan kebutuhan pokok semua umat manusia, terutama disektor pertanian yang membutuhkan air untuk dialiri ke lahan pertanian agar semua tanaman dilahan pertanian bisa hidup. Sedangkan untuk kehidupan kita sehari-hari air digunakan untuk kebutuhan pokok seperti minum dan mandi. Salah satu sumber air yang dapat digunakan ialah air tanah, sementara air tanah tidak bisa dijumpai disetiap area, hanya area-area tertentu saja yang mengandung air tanah.

Penyebab air tanah tidak terdapat di semua area ialah faktor kondisi geologi bawah tanah, jika area tersebut merupakan area yang sangat kering kemungkinan tidak terdapat air tanah didaerah tersebut, sementara jika area memiliki tanah yang lembap dipastikan terdapat air tanah. Untuk mengetahui potensi air tanah disuatu daerah maka harus dilakukan eksplorasi air tanah. Eksplorasi tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan metode geolistrik.

Mengenal Metode Geolistrik

Metode Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat kelistrikan pada lapisan batuan dibawah permukaan tanah dengan cara menginjeksikan aliran listrik ke dalam permukaan tanah.

geolistrik

Geolistrik merupakan metode geofisika aktif, karena aliran listrik yang di injeksikan berasal dari luar sistem. Tujuan dari metode ini ialah mencari resistivitas atau tahanan batuan.

Resistivitas atau tahanan batuan adalah parameter yang menunjukkan tingkat kelistrikan. Batuan yang memiliki resistivitas cukup besar akan menunjukkan jika batuan tersebut sulit untuk dialiri listrik. Selain untuk mendeteksi resistivitas batuan, metode geolistrik juga dapat digunakan untuk menentukan sifat-sifat kelistrikan lain seperti medan induksi dan potensial diri.

Eksplorasi air tanah menggunakan metode geolistrik dilakukan sebagai indeks awal dalam memperoleh data informasi dibawah permukaan tanah, data informasi tersebut akan sangat membantu untuk melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu pengeboran. Bisa disimpulkan bahwa eksplorasi air tanah menggunakan metode geolistrik merupakan tahapan awal perencanaan.

PT.Testindo sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengukuran dan pengujian dapat membantu anda dalam melakukan survey geolistrik, karena kami memiliki tim yang berpengalaman dalam melakukan uji coba geolistrik. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di +62 813-9929-1909 atau bisa juga melalui live chat yang berada di pojok kanan bawah web ini.

Ayo Bantu Share Content Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *