layanan jasa survei geolistrik

Testindo.co.id – Kebutuhan akan sumber air tanah sangat berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan manusia, seperti contohnya dalam bidang pertanian yang membutuhkan air dalam jumlah yang cukup untuk menumbuhkan dan mengairi lahan pertanianya. Sedangkan untuk kehidupan sehari-hari air tanah dapat dimanfaatkan sebagai air minum yang dapat dikonsumsi serta digunakan untuk kebutuhan lain seperti mandi, mencuci dan lain-lain.

Keberadaan air tanah tidaklah merata dan sangat spesifik, keberadaan air tanah bergantung terhadap kondisi geologi bawah tanah yaitu lapisan pembawa air atau lapisan kedap air, dalam mengetahui keberadaan air tanah tersebut dibutuhkan metode penyelidikan tanah yang tepat. Salah satu metode penyelidikan tanah yang tepat  dan mudah langsung di lapangan adalah menggunakan metode survey geolistrik.

Apa Itu Metode Survey Geolistrik?

Metode survey geolistrik adalah salah satu metode geofisika yang memiliki tujuan untuk mengetahui sifat-sifat kelistrikan pada lapisan batuan yang berada di bawah permukaan tanah, caranya adalah dengan menginjeksikan arus listrik ke dalam permukaan tanah. Tujuan utama dari geolistrik adalah untuk mendeteksi resistivitas dari batuan.

Resistivitas atau bisa disebut juga tahanan jenis merupakan besaran atau bisa disebut juga parameter yang menunjukan tingkat hambatan terhadap arus listrik. Jenis batuan yang mempunyai resistivitas semakin besar menandakan batuan tersebut cukup sulit dialiri arus listrik. Fungsi lain metode geolistrik adalah untuk menentukan sifat-sifat kelistrikan lain dan medan induksi.

konfigurasi geolistrik
Konfigurasi Geolistrik

Tahanan batuan bisa diukur dengan menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah melalui dua titik elektroda di permukaan tanah serta dua titik lainya untuk mengukur perbedaan potensial di permukaan yang sama. Hasil dalam pengukuran geolistrik bisa berupa peta penyebaran tahanan jenis seperti jenis mapping, horizontal atau sounding (kedalaman). Hasil pengukuran geolistrik mapping atau kedalaman dicocokan terhadap kebutuhan dilaksanakanya akusisi data dan jenis konfigurasi yang digunakan.

eksplorasi-air-tanah
contoh visualisasi 2d eksplorasi air tanah di daerah gamping

Dalam menentukan sumber air tanah metode geolistrik dilaksanakan untuk penelitian permulaan dalam memperoleh data informasi di bawah permukaan tanah yang terkait struktur geologinya, data informasi yang didapat dari survey geolistrik akan sangat membantu untuk menentukan langkah selanjutnya seperti pengeboran. Jadi bisa dikatakan fungsi metode survey geolistrik tersebut adalah sebagai tahap perencanaan awal dalam penelurusan air tanah.

Dalam melakukan survey air tanah dengan metode geolistrik anda memerlukan partner yang berpengalaman, dan TESTINDO adalah partner yang tepat untuk anda dalam melakukan survey dengan metode geolistrik. Informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi sales kami di  No +62 813-9929-1909 atau bisa bertanya di menu live chat yang ada di pojok kanan bawah web ini.

Sumber gambar Konfigurasi Geolistrik: https://media.neliti.com/media/publications/151494-ID-pendugaan-potensi-air-tanah-dengan-metod.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *