ground penetrating radar

Testindo.co.id – Kita pasti pernah melihat suatu konstruksi seperti gedung, jembatan, drainase, jalan layang yang sedang digali terdapat pipa utilitas yang tertanam di lokasi galian. Sebagai contoh saat proses pembangunan fasilitas penyeberangan di sekitar daerah kota tua sempat terhenti karena terdapat benda cagar budaya yang berada di lokasi tersebut, atau di daerah Jawa Barat saat sedang terdapat proyek pengeboran bored pile mengenai salah satu pipa minyak milih salah satu perusahaan BUMN di Indonesia akibatnya menimbulkan kebakaran, kerugian hingga korban jiwa.

Mungkin dari dua peristiwa diatas muncul pertanyaan, bagaimana cara melakukan pemetaan di lokasi site sebelum melakukan aktivitas pembangunan? Jawabanya adalah dengan menggunakan teknologi Ground Penetrating Radar.

Sekilas Tentang Metode GPR

Ground Penetrating Radar atau bisa disingkat GPR  merupakan metode ilmu geofisika dengan menggunakan pulsa atau gelombang radar dalam mencitrakan  permukaan di bawah tanah. Metode NDT ini memanfaatkan radiasi elektromagnetik dalam pita gelombang mikro dari spektrum radio dan mencari  sinyal yang dipantulkan dari struktur bawah permukaan.

Alat GPR dapat digunakan di berbagai media seperti batuan, tanah, es, air tawar, trotoar serta struktur. Ketika kondisi yang tepat, praktisi dapat memanfaatkan GPR untuk mendeteksi di bawah permukaan, perubahan properti material, serta rongga dan retakan.  Metode Georadar memanfaatkan gelombang radio dengan frekuensi tinggi, biasanya dalam rentang 10 Mhz sampai 2,6 Ghz. Pemancar serta antena dari alat GPR memberikan gelombang elektromagnetik ke tanah dan saat energi bertemu dengan objek yang terpendam makan energi tersebut dapat dipantulkan kembali ke permukaan.

pemetaan utilitas bawah kabel
Pemetaan utilitas bawah kabel

Aplikasi Ground Penetrating Radar

GPR dapat diaplikasikan di berbagai bidang, dalam ilmu geofisika GPR dimanfaatkan untuk mempelajari beberapa objek seperti batuan dasar, tanah, air tanah dan es. Sebagai contoh kegunaan GPR dalam mendeteksi nugget emas dan berlian pada lapisan kerikil aluvial dengan mendapatkan perangkap alami pada dasar aliran yang terkubur. Untuk aplikasi struktur GPR digunakan sebagai metode pengujian non destruktif test (NDT) untuk mengetahui perkerasan, menemukan struktur yang terpendam, jalur utilitas dan untuk mempelajari tanah dan batuan dasar.

Pada bidang lingkungan GPR digunakan untuk menentukan area pembuangan sampah dan situs remediasi sedangkan dalam bidang hokum GPR dapat dimanfaatkan untuk keperluan hukum seperi mencari benda yang terkubur atau menemukan kuburan terkait kasus tertentu. GPR juga dapat diaplikasikan pada bidang militer sebagai alat untuk mendeteksi adanya ranjau, persenjataan yang terpendam dibawah tanah hingga terowongan bawah tanah.

Mengenal Alat GPR LEICA DS2000

Dalam melakukan aktivitas GPR diperlukan alat yang handal serta memiliki teknologi mutakhir yang dapat mendukung aktivitas GPR, dan LEICA DS2000 adalah alat GPR yang tepat dan dapat menjadi pilihan anda. Leica DS2000 adalah alat GPR dari brand Leica Geosystem yang sudah berpengalaman dalam menyediakan alat survey lebih dari 50 tahun. Leica DS2000 memiliki kemampuan dual frequency antenna dengan frekuensi 250 Mhz dan 700 Mhz. Alat GPR Leica DS2000 dapat dengan mudah mendeteksi adanya pipa air, pipa gas, pipa listrik atau material logam lainya yang terpendam hingga kedalaman emapat meter. LEICA DS2000 juga dapat di integrasikan dengan GPS sehingga proses deteksi dapat langsung dipetakan dalam bentuk kordinat.

ALAT GPR LEICA DS2000
Alat Leica DS2000

Kemudahan lain yang ada dalam LEICA DS2000 adalah dilengkapinya alat GPR dengan empat roda penggerak yang dapat menyesuaikan dengan tingkat kemiringan medan sehingga adapat memudahkan maneuver di berbagai medan. Selain itu LEICA DS2000 juga dilengkapi dengan data controller yang punya sertifikasi IP 67 yang tahan air serta debu.

Jika anda ingin melakukan investasi alat ground penetrating radar LEICA DS2000, anda dapat menghubungi PT Testindo karena PT Testindo adalah agen resmi dari Leica Geosystem Indonesia, namun bagi anda yang hanya membutuhkan jasa, Testindo juga menyediakan layanan jasa gpr dengan engineer berpengalaman yang tentunya dapat membantu anda melakukan aktivitas pemetaan bawah tanah secara cepat dan akurat. Informasi lebih lanjut tentang produk atau jasa ground penetrating radar bisa menghubungi bapak Zulfikri di +62 813-9929-1909 atau live chat di menu chat di pojok kanan bawah web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *