Testindo.co.id – Artikel kali ini akan membahas tentang pile loading test yang seperti sudah diketahui bersama tiang pondasi saat ini sudah banyak digunakan sebagai pondasi bangunan seperti gedung bertingkat, jembatan, menara, dermaga, bangunan pabrik dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah konstruksi yang menerima beban relatif berat. Secara umum penggunaan tiang pondasi digunakan apabila tanah dasar dibawah bangunan tersebut tidak memiliki daya dukung (bearing capacity) yang cukup untuk memikul berat bangunan dan  beban diatasnya.

Untuk mengetahui kondisi tiang pondasi dibutuhkan pengujian yang biasa disebut uji pembebanan tiang (pile loading test). Pengujian pile loading test adalah metode yang dapat digunakan dalam pengecekan pada sejumlah beban yang dapat ditambah dari suatu struktur pondasi. Fungsi lain pile loading test adalah sebagai bukti akurasi perhitungan desain kapasitas daya dukung tiang di lapangan.

Terdapat dua jenis pile loading test yaitu static loading test dan dynamic loading test dua jenis tersebut memiliki metode masing-masing yaitu

Metode Static Load Test

Static Axial Compression Load Test

Pengujian axial tiang adalah pengujian tiang pondasi tunggal untuk mengukur pergerakan aksial tiang yang diberi pembebanan secara aksial sesuai dengan beban rencana. Pembebanan pada tiang dapat dilakukan dengan dua metode yaitu dengan metode kentledge dan metode reaction pile. Pengujian aksial ini dilakukan berdasarkan standar ASTM D1143- 07, “Standard Test Methods for Deep Foundations Under Static Axial Compressive Load”. Pengujian aksial dengan metode kentledge dilakukan dengan memberikan beban diatas kepala tiang berupa beban benda mati seperti balok beton, karung pasir, ataupun benda lainya yang dapat memenuhi kebutuhan beban yang dibutuhkan. Sedangkan pengujian dengan metode reaction pile dilakukan dengan memanfaatkan tahanan friksi tiang tiang ada disekitar untuk menahan beban uji.

schematic-for-kentledge-method
Schematic For Kentledge Method

Lateral Load Test

Pengujian lateral tiang adalah pengujian dengan memberikan beban searah tegak lurus tiang (beban horizontal) sesuai dengan beban lateral rencana untuk mengukur defleksi yang terjadi pada tiang akibat beban lateral tersebut. Pengujian lateral ini biasanya dilakukan pada elevasi cut of level atau pada lokasi dimana beban lateral terbesar akan terjadi. Pengujian lateral pada tiang dilakukan berdasarkan standar ASTM D3966-07, “Standard Test Methods for Deep Foundations Under Lateral Load”.

schematic for pile to pile method D3966-07
Schematic for pile to pile method D3966-07

Pengujian lateral pada tiang pondasi dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu dengan pile to pile method dan kentledge method. Pile to pile method memanfaatkan tiang sekitar sebagai penahan untuk memberikan beban horizontal kepada tiang uji. Sedangkan metode kentledge, memanfaatkan beban mati sebagai penahan untuk memberikan beban horizontal ke tiang uji. Beban mati ini dapat berupa blok beton, dinding penahan tanah ataupun beban lainnya yang mampu menahan gaya lateral yang direncanakan.

Tension Load Test

Metode Pile tension load test memungkinkan pengukuran saat perpindahan tiang  ditarik keluar dari tanah. Tiang ini dibebani dengan tegangan menggunakan berbagai konfigurasi beban. Beberapa tiang memiliki ekstensiometer dan alat pengukur regangan yang dipasang di sepanjang tiang. Semua sensor dicatat secara elektronik ke komputer dan memberikan informasi grafis selama pengujian.

tension test

Metode Dynamic Load Test

Pile Drive Analyzer (PDA Test)

PDA Test termasuk salah satu jenis pengujian dinamik dengan menggunakan metoda wave analysis dan sering disebut dengan re-strike test sesuai dengan sifat pengujiannya yang melakukan re-strike atau pemukulan ulang pondasi tiang yang diuji. PDA Test pelaksanaannya mengacu pada ASTM D-4945 (Standard Test Method for High-Strain Dynamic Testing of Deep Foundations) : “Metode uji ini digunakan untuk memberikan data tentang regangan atau gaya dan percepatan, kecepatan atau perpindahan tumpukan di bawah kekuatan benturan”.

pda test
Pengujian PDA Test

Terkait dengan penjelasan diatas Testindo dapat membantu anda dalam jasa pile loading test dengan menggunakan metode-metode static dan dynamic, informasi lebih lanjut tentang jasa pile load test dapat menghubungi kami di +62 821-1460-7782 | Faoji atau dapat email ke sales@testindo.com .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *