mengenal metode MASW

Testindo.co.id – Gempa bumi adalah bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, gempa bumi terjadi karena adanya pergerakan lempeng bumi atau kerak bumi. Menurut BMKG gempa bumi merupakan peristiwa bergetarnya bumi karena pelepasan energi yang ada di dalam bumi secara cepat dengan muncul tanda dengan patahnya lapisan batuan dalam kerak bumi.

Banyak peristiwa gempa bumi di Indonesia yang memakan korban jiwa, untuk itu dibutuhkan langkah mitigasi bencana gempa bumi. Seperti yang dilakukan oleh  Pusat  Penelitian  dan  Pengembangan  BMKG (PUSLITBANG) yang melakukan analisa terkait  kecepatan gelombang geser (Vs) di daerah Kulonprogo Yogyakarta. Analisa ini dilakukan dengan pengukuran Multichannel  Analysis  of  Surface  Wave  (MASW).

Apa itu Metode MASW?

MASW (Multi-Channel Analysis of Surface Waves) adalah salah satu metode geofisika yang menggunakan gelombang permukaan untuk menganalisa keadaan di bawah permukaan. Metode ini pertama sekali di- kenalkan oleh Park dkk. Metode MASW dapat menghitung nilai kecepatan gelombang geser (Vs) berdasarkan kecepatan gelombang permukaan reyleigh. Gelombang permukaan reyleigh mudah dilihat menggunakan    peralatan seismik dengan geophone vertikal, hal ini dikarenakan sifat ground roll dari pada gelombang Reyleigh.

Sebanyak 2/3 energi seismik yang dibuat akan membentuk gelombang reyleigh sehingga gelombang seismik menampung sebagian besar energi seismik. Gelombang seismik yang merambat di bawah permukaan bumi akan mengalami kecepatan yang berbeda-beda. Gelombang permukaan reyleigh dan love memiliki sifat dispersi. Sifat dispersi tersebut menandakan modulus elastik lapisan dekat permukaan dimana perbedaan panjang gelombang seismik memiliki perbedaan penetrasi gelombang serta akan menjalar dengan kecepatan yang berbeda-beda. Gelombang seismik yang pendek akan masuk (penetrasi) lebih dangkal sedangkan gelombang seismik yang panjang akan masuk lebih dalam ke dalam tanah dan kecepatan gelombang pada masing-masing panjang gelombang dinamakan kecepatan fase.

jasa survei masw

Kecepatan gelombang reyleigh yang terukur dalam pengukuran MASW sangat mewakili kecepatan gelombang geser. Hal ini dikarenakan kecepatan fase gelombang reyleigh sekitar 92% dari kecepatan gelombang geser. Perhitungan kecepatan gelombang geser dilakukan dengan cara menganalisa sifat dispersi gelombang reyleigh yang terdapat dalam data seismik yang terekam selama survey dilakukan. Profil ke- cepatan gelombang geser terhadap kedalaman dan hubungan dengan modus geser dapat dibuat dan dihitung menggunakan persamaan di bawah ini.

rumus metode masw

Untuk melakukan pengukuran dengan metode seismik MASW digunakan alat yang dinamakan seismometer PASI 24 geophone.

instrument masw

Dalam melakukan pengukuran dengan menggunakan metode MASW anda membutuhkan partner yang berpengalaman, dan TESTINDO adalah partner tepat dan terpecaya dalam hal ini. Jika anda membutuhkan jasa survei Multichannel  Analysis  of  Surface  Wave, anda bisa menghubungi kami di +62 813-9929-1909 atau bisa live chat di pojok kanan bawah web ini.

Sumber:

  • Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala : STUDI AWAL: ANALISA KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS) PADA CEKUNGAN TAKENGON DALAM UPAYA MITIGASI GEMPA BUMI (Ibnu Rusydy, Khaizal Jamaluddin, Eldina Fatimah, Syafrizal & Fauzi Andika)
  •  JURNAL LINGKUNGAN DAN BENCANA GEOLOGI: Analisis Kecepatan Gelombang Geser (Vs) Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Gempabumi di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (Pupung Susilanto, Drajat Ngadmanto, Bambang Sunardi, dan Supriyanto Rohadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *