mesin industri mengeluarkan suara bising

Testindo Noise atau bunyi bising menjadi salah satu gejala kerusakan yang paling mudah dikenali pada mesin industri. Jangan pernah menganggap remeh apabila mesin industri mengeluarkan suara bising karena dapat mengganggu kesehatan pendengaran manusia (Noise-Induced Hearing Loss). Bukan itu saja, jika noise yang ditimbulkan cukup kuat juga bisa mempengaruhi kondisi struktur bangunan disekitar mesin.

Kondisi noise ini berasal dari gear box mesin yang berfungsi untuk meredam putaran motor dari putaran yang tinggi ke putaran yang rendah sesuai dengan ratio benda kerja yang digerakkan.

Sesuai dengan namanya, gear box ini berisi kumpulan gear dengan berbagai jenis ukuran dengan jumlah gigi yang berbeda di setiap gear. Perbedaan di setiap gear ini sudah diperhitungkan dengan baik oleh produsen gear box berdasarkan perencanaan yang sudah ditentukan. Dengan begitu, setiap gear dapat bekerja maksimal sesuai fungsinya masing-masing.

Selain gear, ada juga komponen lainnya di dalam gear box, diantaranya :

  • Rumah gear (housing)
  • Bearing
  • Flange gear box
  • O ring dan oli seal
  • Shaft gear
  • Bevel gear
  • Drain pipping
  • Air Flow
  • Oli Pelumas
  • Dan lainnya

Dari sekian banyak komponen, oli pelumas memiliki peran yang tidak kalah penting. Layaknya mesin kendaraan, oli pelumas ini berfungsi untuk memberi pelumasan pada setiap komponen mesin sehingga terhindar dari panas akibat gesekan, mencegah karat dan mendinginkan mesin. Maka dari itu oli pelumas harus selalu terisi, baik saat mesin hidup ataupun mati.

Viscositas pada oli mesin industri lebih kental dibanding mesin kendaraan, mulai dari 320, 460 hingga 680 disesuaikan dengan beban gear box.

Lalu, kenapa mesin industri bisa menimbulkan noise atau kebisingan yang kuat ?

Penyebab Mesin Mengeluarkan Noise yang Kuat

Sebenarnya mesin industri mengeluarkan suara bising atau noise merupakan hal wajar, tapi jika noise yang dirasakan semakin kuat dan keras maka bisa jadi ada kerusakkan di dalam putaran motornya. Berikut ini beberapa penyebab noise mesin sangat kuat :

Gear yang Mengalami Aus

Permukaan gear yang sudah aus menjadi salah satu penyebab timbulnya noise yang cukup kuat pada mesin. Maka dari itu, sangat disarankan untuk selalu melakukan cek kondisi gear di dalam housing setidaknya 3-6 bulan sekali.

mesin industri suara bising
Kondisi permukaan gear yang Aus ( Pic : Researchgate.net)

Bearing Rusak

Baca Juga :  Manfaat Oli Gear Box Mesin Industri

Fungsi utama dari gear yaitu untuk membuat putaran gear menjadi lebih mudah dan ringan. Jika bearing ini sampai rusak maka dapat menimbulkan kebisingan di dalam gear box. Untuk memperbaikinya teknisi harus membongkar housing mesin dan menggantinya dengan gear yang baru.

Baut Kurang Kencang

Selain komponen di dalam housing, baut pengikat gear box yang kurang kencang ternyata juga dapat menimbulkan suara bising yang cukup kuat. Selain kurang kencang, bisa juga salah satu baut pengikatnya ada yang hilang sehingga harus segera dicari penggantinya.

Cara Mendeteksi Noise pada Mesin Industri

Melihat semua penyebab noise pada mesin industri tentu akan sangat sulit mendeteksinya jika hanya mengandalkan indera pendengaran dan penglihatan saja. Untuk mendeteksi dan menganalisa kebisingan pada mesin bisa dilakukan condition monitoring berupa vibration analysis menggunakan alat Vibration Analyzer VAST DC 23.

VAST DC 23 merupakan alat untuk mengukur getaran dan kebisingan pada mesin industri dengan tepat, sehingga nantinya bisa diketahui penyebab dari kebisingan dan ditentukan tindakan yang harus dilakukan, apakah bisa diperbaiki atau harus mengganti komponen yang baru.

Lihat Produk VAST DC 23 Disini >>

VAST DC 23 ini juga dilengkapi fitur automatic diagnostic untuk memprediksi “bearings failure” dan bisa juga proses pengukuran jauh lebih cepat dibanding alat vibration analyzer versi lainnya.

Semua data hasil pengukuran dari Vibration Analyzer DC-23 selanjutnya dianalisa menggunakan software Dream yang dapat membaca kondisi mesin melalui kondis mekanikal, defect pada mesin dan waktu mesin bertahan.

Jika setelah dianalisa dan ternyata noise yang dikeluarkan akibat getaran berlebih pada putaran motor mesin maka bisa dilakukan proses balancing. VAST DC-23 dapat melakukan penyeimbangan hingga 4 plane dan hingga 5 titik pengukuran di masing-masing 3 arah ketika mesin dibalancing.

vibration analyzer

Penutup

Jika mesin industri Anda mengeluarkan kebisingan atau getaran yang sangat kuat maka segera lakukan condition monitoring dengan metode vibration analysis menggunakan VAST DC 23. Dengan begitu, mesin terhindar dari kerusakkan yang lebih besar sehingga lebih hemat biaya maintenance.

Bagi Anda yang membutuhkan layanan condition monitoring atau ingin memesan Vibration Analyzer VAST DC 23 bisa menghubungi kami melalui


Email: sales@testindo.com

Bisa chat dengan tim kami dengan menekan tombol chat yang ada di pojok kanan bawah website ini.