supplier jembatan timbang kendaraan

Testindo Pada umumnya jembatan timbang truk digunakan dengan cara menaikan truk ke atas jembatan timbang, kemudian sensor yang terpasang akan mengukur beban pada truk tersebut. Biasanya jembatan timbang ini dipasang di pabrik dan gudang ekspedisi.

Berbeda dengan yang ada di pabrik, untuk mengukur beban truk yang bergerak atau berjalan seperti di jalan tol dan pelabuhan menggunakan sistem yang disebut Weigh In Motion (WIM). Selain itu, sistem WIM ini juga bisa diterapkan untuk industrial seperti pabrik, bandara dan tempat lainnya.

Pemasangan WIM Di Lokasi Industri

Keuntungan Memasang Jembatan Timbang Truk Bergerak WIM

Pertama, sistem ini memungkinkan pengukuran berat kendaraan saat kendaraan bergerak dengan kecepatan normal, sehingga tidak ada lagi penundaan di gerbang tol atau pelabuhan. Hal ini akan mengurangi waktu tunggu dan kemacetan lalu lintas yang sering terjadi akibat penimbangan manual.

Kedua, dengan Weigh in Motion, Anda dapat mendapatkan data yang akurat dan real-time tentang berat kendaraan, jenis kendaraan, dan distribusi muatan. Informasi ini sangat berharga dalam pengawasan beban kendaraan, pemeliharaan jalan, dan pengendalian muatan yang berlebihan. Anda dapat mengidentifikasi kendaraan yang melanggar aturan dan mengambil tindakan yang tepat.

Ketiga, memberikan keamanan pada semua kendaraan yang melintas. Weigh in Motion sangat efektif untuk mencegah truk yang melebih kapasitas muatan melintas di jalanan, dengan begitu dapat terhindar dari kecelakaan akibat terguling atau tidak kuat menanjak sehingga tidak merugikan kendaraan lain yang melintas.

Jasa Pemasangan Jembatan Timbang Truk Bergerak TESTINDO

Pemasangan Weigh In Motion di tol dan pelabuhan tentunya sangat membantu pihak terkait untuk mengukur beban truk yang melintas sehingga terhindar dari truk ODOL (Over Dimension & Over Load).

Dengan pemasangan WIM di pintu tol dan pelabuhan maka truk bisa langsung lewat tanpa harus mematikan mesinnya, dengan begitu arus lalu lintas tidak macet dan bisa berjalan lancar.  Bisa dibilang pemasangan Weigh in Motion merupakan langkah revolusioner dalam industri transportasi.

Baca Juga :  Truk ODOL : Mengapa Over Dimension dan Overload Menjadi Ancaman Serius

Teknologi canggih ini dapat mengukur berat kendaraan secara real-time, tanpa memerlukan berhenti dan menimbang setiap kendaraan secara manual. Dengan Weigh in Motion, proses penimbangan kendaraan menjadi lebih cepat, lebih akurat, dan lebih efisien.

Testindo menyediakan layanan pemasangan Weigh in Motion di berbagai tempat seperti bandara, pintu tol, pelabuhan dan tempat lainnya.

Fungsi pemasangan WIM :

Mengumpulkan data otomatis: Mengetahui data kecepatan normal pengemudi 0,5 – 100 km/jam, Axle Road,Speed, Wheelbase & data kendaraan lainnya.

Reorganisasi data otomatis: Memproses beragam data secara otomatis seperti berat kendaraan, axle load, gross weight, wheelbase, axle type, speed, tanggal dan waktu serta data lainnya.

Kriteria Overload: Dapat melakukan setting nilai ambang batas sesuai regulasi yang berlaku.

Transmisi Data: Data kendaraan yang kelebihan muatan dapat diunggah secara real-time ke server pusat. Data Logger menerima perintah dari komputer seperti menghidupkan dan mematikan untuk memastikan integritas data. Sistem WIM dapat secara otomatis menyimpan data dan meminta pengiriman ulang data saat pengiriman data gagal.

Weigh In Motion ini dilengkapi oleh sensor weighing dan datalogger yang berfungsi untuk mengukur dan merekam data beban kendaraan, dan juga terdapat CCTV Camera yang berfungsi sebagai motion tracking dan merekam plat nomor kendaraan atau truk yang sedang diukur.

Penerapan sistem weigh in motion pada jembatan atau jalan juga dapat menjadi salah satu solusi dalam merawat jembatan atau jalan. Karena banyak kendaraan yang memuat barang secara berlebihan dapat mengakibatkan rusaknya jalan atau mengganggu konstruksi jembatan. Dengan adanya sistem ini dapat diketahui dimensi serta berat kendaraan yang melewati jalan atau jembatan. Sehingga dapat dibuatkan standar jenis serta berat kendaraan yang diperbolehkan untuk melewati jalan atau jembatan tertentu.

Tampilan Software Weigh In Motion

Jika Anda berminat atau ingin bertanya seputar pemasangan Weigh in Motion ini silahkan menghubungi kami melalui :


Email:  sales@testindo.com

Bisa juga untuk chat dengan tim kami melalui fitur chating di kanan bawah website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *