Testindo High speed camera atau kamera berkecepatan tinggi seringkali digunakan untuk industri kreatif seperti shooting film dan iklan. Ternyata, kamera berkecepatan tinggi juga dapat digunakan untuk analisis dan pengujian getaran. Salah satu brand ternama high speed camera yaitu Chronos dapat digunakna untuk merekam dan mengamati getaran mesin.

Ketika dipasangkan dengan perangkat lunak (software) analisis getaran, kamera Chronos dapat membantu untuk mengidentifikasi potensi masalah sejak dini, sebelum menjadi perbaikan yang mahal. Dengan memantau getaran mesin, dapat mencegah masalah kecil menjadi masalah besar dengan mengatasi area yang mengalami stres dan kelelahan.

Kamera kecepatan tinggi memiliki kemampuan untuk merekam video dalam kecepatan hingga ribuan frame per detik. Kemampuan ini memungkinkan kamera untuk merekam gerakan dan getaran yang sulit untuk diamati dengan mata secara langsung.

Dalam aplikasi pemeliharaan preventif dan condition monitoring, kamera kecepatan tinggi dapat digunakan untuk merekam pergerakan mesin dan peralatan saat beroperasi. Dengan merekam gerakan dalam kecepatan tinggi, Anda dapat melihat detail yang lebih baik dari pergerakan mesin dan mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi.

Selain itu, kamera berkecepatan tinggi juga dapat membantu meningkatkan efisiensi peralatan. Dengan memahami bagaimana mesin bergetar, pengguna dapat melakukan penyesuaian untuk meningkatkan kinerja. Hal ini dapat menghemat uang dalam jangka panjang dengan mengurangi waktu henti dan meningkatkan produktivitas.

Secara keseluruhan, kamera berkecepatan tinggi menawarkan berbagai manfaat bagi yang ingin memantau waktu kerja dan efisiensi peralatan. Jika ingin meningkatkan kinerja peralatan atau mencegah perbaikan yang mahal, pertimbangkan untuk berinvestasi pada kamera berkecepatan tinggi dan perangkat lunak pembesaran gerakan.

Bagaimana Analisis Getaran Membantu Pemeliharaan Preventif

analisa getaran high speed camera

Data yang dikumpulkan dari analisis getaran dapat digunakan untuk mendeteksi masalah pada peralatan, seperti ketidakseimbangan, ketidaksejajaran, kelonggaran, atau keausan bearing. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk melakukan pemeliharaan preventif pada peralatan sebelum masalah tersebut menyebabkan waktu henti atau kegagalan. Kamera Chronos memungkinkan pengambilan video resolusi tinggi tanpa kontak dari peristiwa yang bergerak cepat. Tidak ada kabel atau sensor tambahan yang diperlukan yang membuat penyiapannya cepat, mudah, dan murah.

Baca Juga :  Mengenal Modal Analysis dan Finite Element Model Updating

Jenis Analisis Getaran yang dapat Dilakukan dengan High Speed Camera

Ada tiga jenis utama analisis getaran yang dapat dilakukan dengan Chronos 1.4 High Speed Camera dan perangkat lunak analisis yang dipasangkan:

  1. Analisis Frekuensi adalah proses menentukan seberapa sering getaran terjadi selama periode waktu tertentu. Informasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah seperti resonansi, yang dapat menyebabkan masalah pada struktur mesin.
  2. Analisis Amplitudo adalah proses menentukan besarnya, atau kekuatan, getaran. Informasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah seperti ketidak seimbangan, yang dapat menyebabkan masalah pada kinerja mesin.
  3. Analisis Fase adalah proses menentukan waktu dari suatu getaran dalam kaitannya dengan getaran lainnya. Informasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah seperti ketidaksejajaran, yang dapat menyebabkan masalah pada efisiensi perangkat mekanis.

Contoh Penerapan High Speed Camera yang Berhasil dalam Analisis Getaran

Kamera berkecepatan tinggi sering digunakan dalam proses pemeriksaan peralatan untuk mengidentifikasi potensi masalah, karena kamera ini dapat menangkap gambar pada kecepatan frame 1000fps atau lebih tinggi. Video ini kemudian dengan mudah diimpor ke berbagai solusi perangkat lunak pihak ketiga yang tersedia di pasar.

high speed camera

Salah satu contoh di mana kamera berkecepatan tinggi telah berhasil digunakan untuk analisis getaran adalah dalam pemeriksaan turbin angin. Struktur besar ini secara konstan terpapar angin kencang, yang dapat menyebabkannya bergetar. Dengan menggunakan kamera berkecepatan tinggi, para teknisi dapat memeriksa turbin dan mencari tanda-tanda kerusakan atau tekanan. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk melakukan perbaikan atau penyesuaian sebelum turbin gagal total.

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang monitoring menyediakan layanan condition monitoring dan juga menjual High Speed Camera untuk kebutuhan analisis getaran mesin. Jika Anda ingin melakukan pemesananan atau ingin bertanya terlebih dahulu jangan sungkan untuk menghubungi kami :



Bisa juga melalui live chat yang berada di pojok kanan bawah halaman web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *