building

Testindo.co.id – Sebuah bangunan tentunya memiliki sebuah fasilitas dalam gedung, fasilitas tersebut ada untuk mendorong kenyamanan bagi pengguna gedung agar mendapatkan kenyamanan untuk menghuni bangunan tersebut, pengelolah bangunan pastinya harus memikirkan kenyamanan pada bangunan agar penghuni dapat merasa nyaman, fasilitas tersebut pastinya banyak dalam sebuah gedung, perlu upaya dalam memaksimalkan kinerja fasilitas dalam gedung untuk kenyamanan bangunan, biasanya dalam sebuah bangunan maupun gedung terdapat sebuah system untuk melakukan pengoprasian seluruh fasilitas yang ada secara langsung, system tersebut dinamakan Building Automation System. 

Building Automation System dapat melakukan beberapa pengaturan sebagai berikut:

  • Melakukan pengaturan pencahayaan sesuai dengan jadwal yang di buat.
  • Melakukan Pemantauan dari kinerja ataupun kerusakan dari fasilitas yang terhubung dengan system tersebut.
  • Dapat melakukan Management dalam fasilias alarm apabila terjadi kerusakan ataupun keadaan emergency.
  • Menjaga agar kinerja dari seluruh fasilitas agar maksimal.
  • Dengan begitu pengelolah bangunan/gedung dapat meringankan biaya perawatan yang lebih rendah dibandingkan dengan melakukan kontrol fasilitas secara manual.

Proses BAS

Building Automation System (BAS) Dapat Melakukan Monitoring & Control Aplikasi Dibawah Ini:

  • HVAC System

HACV Merupakan sebuah system yang di atur dalam pemanas,ventilasi maupun pendingin ruangan yang terdapat pada gedung bangunan, HVAC merupakan salah satu system yang di kendalikan oleh BAS.

  • Lighting Control System

Yaitu sebuah system yang mengatur pencahayaan dalam suatu ruangan, pengaturan cahaya tersebut juga dapat mengatur cahaya dalam lokasi tertentu agar sesuai dengan kebutuhan.

  • Energy Efficiency

Merupakan inti dari BAS yaitu mengontrol pemakaian daya energi dari bangunan, pemborosan pemakaian energi pada sebuah gedung dapat di kurangi.

  • Fire Alarm System

Yaitu Suatu system yang di buat untuk mendeteksi kebarakan dan terintegrasi dengan BAS, sensor tersebut mendeteksi panas,cahaya serta suhu yang dapat mendeteksi kebarakan dan dapat membunyikan fire alarm secara otomatis.

  • Access and security

Merupakan sebuah system keamanan yang di buat untuk BAS,dengan system tersebut keamanan dapat di kontrol secara langsung.

Tentunya ada banyak hal lain yang dapat bermanfaat apabila digunakan nya Building Automation system pada pengelolahan bangunan maupun gedung, building automation system dapat terhubung dengan perangkat kopmuter yang telah di atur , dan mengendalikan semua fasilitas melalui komputer tersebut, PT Testindo merupakan perusahaan dalam bidang system monitoring dan control dapat membuat Building Automation System, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui 021-2956-3045 ataupun email: sales@testindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *