kubah masjid ambruk makassar

Testindo Kejadian ambruknya kubah Masjid Ittifaqul Jamaah masih dalam tahap penyelidikan. Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar mengungkapkan bahwa kubah masjid menyalahi bestek dan tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan sehingga mengalami ambruk.

“Itu (kubah) memakai besi kecil ukuran diameter 10 milimeter. Selain itu, umur bangunan sudah lebih 30 tahun,” ujar Kepala Dinas PU Makassar Zuhaelsi Zubir yang dilansir dari Suara.com, Senin 27 Maret 2023.

Zuhaelsi berpendapat selayaknya setiap tahun dilakukan pemeliharan bangunan masjid. Bukan hanya kelayakan bangunannya saja, hal penting lainnya yang harus diperhatikan dan diantisipasi yaitu jika terjadi suatu hal diluar kendali seperti yang terjadi sekarang ini ambruknya kubah masjid.

Saat ini kubah Masjid Ittifaqul Jamaah masih dalam proses pemetaan konstruksi serta melakukan pemeriksaan kelaikan bangunan. Nanti akan terlihat apakah kubah tersebut konstruksinya sesuai atau pengerjaannya menyalahi bestek.

“Sementara sudah diperiksa struktur bangunannya dan siang ini kita terima laporan tim yang telah melakukan survei,” ujar Zuhaelsi.

Dinas PU Makassar sendiri membantu penggantian bagian seng atas masjid yang rusak sehingga nantinya jamaah terlindung dari hujan dan panas selama menjalankan ibadah di masjid.

Hajar selaku Kepala Bidang Prasarana Dinas PU Makassar juga mengungkapkan bahwa saat ini masih terus dilakukan pemeriksaan kondisi struktur kubah masjid yang ambruk. Menurutnya, ukuran besi-besinya memiliki diameter 10 milimeter sehingga sangat mudah keropos, apalagi menurut warga sekitar kubah masjid ini sudah lebih dari 20 tahun.

Ambruknya kubah Masjid Ittifaqul Jamaah ini terjadi sangat cepat ketika imam masjid sedang memberikan ceramah salat Tarawih. Kurang lebih ada 14 orang yang terluka dalam kejadian itu.

Baca Juga :  Pemeriksaan dan Penilaian Kerusakan Bangunan Pasca Gempa

Sedangkan pihak kepolisian saat ini masih menunggu hasil penyelidikan kondisi struktur bangunan dari Dinas PU Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *