Testindo Air Quality Monitoring System (AQMS) merupakan alat untuk melakukan pemantauan dan pengamatan kualitas udara secara otomatis. Sehingga bisa diketahui kualitas udara di suatu wilayah, apakah masih aman atau sudah mengkhawatirkan.

Memang harus disadari jikai kondisi kualitas udara di Indonesia saat ini memang kurang baik, bahkan di beberapa kota ada yang dalam tahap mengkhawatirkan karena membahayakan kesehatan. Ada banyak faktor yang menyumbang terjadinya polusi udara seperti asap kendaraan bermotor, emisi pabrik atau industri dan hasil pembakaran sampah.

Apa Itu Air Quality Monitoring System

Alat monitoring kualitas udara ini dapat dioperasikan secara kontinyu 24 jam dan memberikan hasil data pengamatan yang real-time. Air Quality Monitoring System memiliki sensor khusus untuk mengamati dan memantau polutan di udara seperti : 

SO2, NO – Berasal dari industri dan kendaraan.

CO – Gas beracun umum yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil. (Pembangkit listrik termal, pembakaran dll.)

PM10 – Berasal dari tempat pembangunan, pembuangan sampah, pertanian, kebakaran hutan, debu, serbuk sari, dan fragmen bakteri.

PM 2.5 – Berasal dari garam laut, debu, abu vulkanik, pembakaran bensin, minyak, bahan bakar, dan kayu

Ozon – Lebih serius dari PM2.5 atau NOx bila terlampaui. Sebagai oksidan kuat, Ozon akan mengoksidasi SO2, NO atau VOC menjadi partikulat, 85% polusi foto-kimia disebabkan oleh kelebihan Ozon.

Nantinya data hasil pengamatan AQMS ditampilkan dalam bentuk Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU). Data ISPU ini diperlihatkan melalui papan display yang dipasang di beberapa titik pemantauan. Selain itu, Anda juga bisa melihat data hasil pengamatan kualitas udara melalui situs resmi KLHK : https://ispu.menlhk.go.id/

Anda juga bisa mengakses informasi kualitas udara melalui aplikasi ISPUNet yang bisa didownload via smartphone.

Baca Juga :  Manfaat Air Quality Monitoring System di Pertambangan Batu Bara

Layanan Pemasangan AQMS, Klik Disini >>>

Manfaat Air Quality Monitoring Sistem untuk Monitoring Kualitas Udara

Dengan melakukan pemasangan AQMS ini maka ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, yaitu : 

  • Memberikan peringatan dini jika kondisi polusi sudah sangat berbahaya
  • Data hasil AQMS dapat menjadi laporan pendukung dalam penelitian kualitas udara
  • Membantu proses pengawasan dan pengendalian polusi udara
  • Meminimalisir dampak perubahan iklim
  • Memberikan kesadaran masyarakat akan risiko polusi udara
  • Menjadi landasan untuk mengambil tindakan pencegahan pencemaran udara

Produk AQMS dari TESTINDO

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering & monitoring solution menyediakan layanan pemasangan AQMS, berikut ini beberapa produk yang kami sediakan :

Station AQMS

station-aqms

Stasiun data ini dipasang untuk mengetahui nilai referensi dan representatif AQI (Air Quality Index) pointwise di wilayah yang dimonitoring. Stasiun dan data ini dianggap sebagai data standar tingkat negara bagian untuk dipublikasikan.

TRAFFIC AQMS

Sistem hemat biaya, diterapkan di jalan-jalan utama dan desa-desa yang sangat penting untuk daerah atau kota yang biasa tercemar, digunakan untuk penegakan hukum.

MOBILE AQMS

Dapat dipilih dan dipindahkan sesuai kebutuhan; fleksibilitas seperti itu memungkinkan stasiun bergerak untuk tampil sebagai stasiun tetap juga.

Jika Anda berminat untuk melakukan pemasangan Air Quality Monitoring System atau ingin konsultasi terlebih dahulu dengan tim kami, silahkan menghubungi :


Email: sales@testindo.com

Bisa juga chat dengan tim kami melalui fitur chating yang ada di pojok kanan bawah website ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *