jenis jenis ndt

Testindo Non Destructive Test (NDT) merupakan jenis pengujian material yang dilakukan tanpa merusak objek atau material yang diuji. Walaupun tanpa merusak fungsi material tapi pengujian NDT terbilang sangat efektif untuk menganalisa cacat atau kerusakan halus hingga kerusakan besar pada bagian material atau objek yang diuji.

Pengujian NDT tentunya harus dilakukan oleh tenaga ahli dan berpengalaman serta memiliki sertifikasi sehingga hasil pengujiannya tepat dan akurat. Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan atau jasa NDT termasuk Testindo yang siap membantu para pemiliki perusahaan atau owner yang ingin melakukan pengujian NDT.

Jenis Jenis NDT

Dalam pengujian NDT ada beberapa metode yang dilakukan sesuai dengan peralatan yang digunakan dalam melaksanakan pengujian. Berikut ini beberapa jenis pengujian NDT :

Magnetic Particle Testing (MT)

Sesuai dengan namanya, pengujian ini menggunakan satu atau lebih medan magnet untuk mendeteksi diskontinuitas dan cacat pada bagian permukaan dan juga didalam lapisan permukaan pada material yang berbahan feromagnetik.

Pengujian ini menggunakan elektromagnet pada bagian permukaan material yang diuji. Prinsip kerjanya dengan memberikan gaya magnet pada benda atau material yang di inspeksi yaitu dengan cara mengalirkan arus listrik ke dalam material yang di inspeksi. Ketika terdapat cacat peda benda uji maka arah medan magnet akan berbelok sehingga terjadi kebocoran dalam flux magnetic. Bocoran flux magnetic akan menarik butir-butir ferromagnetic di permukaan sehingga bisa ditemukan lokasi cacat pada material yang diuji.

Penetrant Test (PT)

Pengujian ini sering dilakukan pada material atau benda yang telah selesai dilakukan pengelasan. Karena pengujian ini menggunakan cairan maka prinsip dari pengujian Penetrant Test ini adalah kapilaritas, yang nantinya sifat dari kapilaritas ini bisa mendeteksi adanya diskontinuitas atau cacat pada material yang diuji. 

Pengamatan dengan metode penetrant test ini menggunakan jenis liquid atau cairan yang berbeda, yaitu : 

Visible Penetrant : Jenis penetrant ini berwarna merah sehingga tidak butuh bantuan dari sinar matahari tapi cukup menggunakan lampu putih dengan tingkat kecerahan min 100fc (1000 lux) maka dari itu dibutuhkan lux meter untuk mengatur cahaya lampu.

Baca Juga :  Penetrant Test : Pengujian NDT Menggunakan Cairan Khusus

Fluorescent Penetrant : Liquid penetrant ini berwarna hijau-kuning sehingga akan terlihat berkilau jika terkena pancaran sinar ultraviolet

Dual Sensitivity Penetrant : jenis penetrant ini merupakan gabungan dari visible dan fluorescent penetrant dalam menginspeksi material

Radiography Test (RT)

Pengujian ini menggunakan pancaran sinar x atau sinar gama untuk menganalisa atau mendeteksi cacat pada material yang diuji seperti void dan porositas. Metode Radiography test ini menggunakan pancaran gelombang radioaktif yang diarahkan pada material yang dilewati dan menggunakan film radiografi untuk proses perekaman. 

Sinar-X atau sinar gamma ini dapat menembus berbagai macam material yang terbuat dari logam, kecual material yang padat dan timbal.Pengujian ini menggunakan beberapa jenis alat seperti X-Ray Generator, Radio Isotop Sources, dan Radiographic Film. Sekarang ini sudah banyak penyedia jasa radiography test baik dari perusahaan ataupun individu yang memang memiliki keahlian dan sertifikasi di bidang radiographic NDT.

Ultrasonic Testing (UT)

Pengujian NDT ultrasonic ini menggunakan gelombat getaran suara ultrasonic yang dipancarkan ke arah material atau objek yang diuji. Pengujian ini sering digunakan untuk mengidentifikasi thickness, cacat (flaw), diskontinuitas, flow, size dan dimensi. 

Sekarang ini sudah banyak alat ultrasonic testing portable yang dijual dengan kualitas yang bagus sehingga dapat memberikan hasil pengamatan yang tepat. Anda bisa lihat produk ultrasonic testing disini :

Electromagnetic Testing (ET)

Pengujian elektromagnetik ini merupakan pengujian NDT yang mencakup Alternating Current Field Measurement (ACFM), Eddy Current, dan Remote Field. Jenis pengujian ini memanfaatkan medan magnet induksi arus listrik dna medan magnet untuk mendeteksi tingkat diskontuinitas dan cacat pada material atau objek yang diuji.

Setiap pengujian NDT memiliki fungsi dan metode yang berbeda sesuai dengan permintaan dan kebutuhan perusahaan. Testindo sebagai perusahaan yang bergerak dibidang monitoring & testing menyediakan layanan atau jasa NDT.

Jika Anda membutuhkan layanan NDT ( Non Destructive Test ) untuk pengujian material atau ingin diskusi lebih lanjut terkait jasa NDT, jangan sungkan untuk menghubungi kami : 


Bisa juga melalui live chat yang berada di pojok kanan bawah halaman web ini.