sistem monitoring berbasis iot

Testindo Belakangan ini berbagai bidang industri tengah melakukan transformasi digital dengan menerapkan Iot (Internet of Things) di dalamnya. Internet of Things (IoT) itu sendiri merupakan jaringan yang terhubung dengan berbagai macam perangkat yang sudah terintegrasi dengan software dan sensor yang memungkinkan mereka untuk mengirim dan menerima data. 

Dengan hadirnya Internet of Things (IoT) maka setiap perangkat atau device yang terhubung bisa bekerja secara otomatis sesuai dengan pengaturan atau setup yang dibuat.Hal ini membantu untuk meningkatkan efisiensi dan membuat kehidupan lebih mudah. Contohnya, sebuah smart home yang terhubung ke IoT dapat memantau dan mengendalikan suhu, cahaya lampu, dan barang elektronik lainnya dari jarak jauh menggunakan perangkat seluler atau web.

Salah satu penerapan IoT dalam dunia industri yaitu Sistem Monitoring Berbasis IoT. Sistem ini berfungsi untuk mengumpulkan data secara real-time dan melakukan monitoring jarak jauh pada aset atau proses. Data yang dikumpulkan bisa dianalisis untuk menentukan tindakan apa yang cocok untuk dilakukan nantinya.

Sedangkan untuk penyimpanan data, sistem ini menggunakan layanan cloud, sehingga bisa diakses dan menganalisa dari mana saja dengan koneksi internet.

sistem monitoring suhu di PT JAS Angkasapura

Dengan penerapan sistem monitoring IoT, maka perusahaan bisa lebih efisien dan menghemat biaya. Misalnya, sistem monitoring kondisi mesin atau peralatan industri, dimana nantinya sistem ini akan memantau secara real-time dan memberikan informasi bila terjadi masalah sebelum menyebabkan kerusakan serius. Ini membantu untuk mengidentifikasi masalah lebih awal dan memperbaiki mereka sebelum terjadi kerugian yang lebih besar.

Contoh Sistem Monitoring Berbasis IoT

Sistem monitoring ini bisa dikontrol dari jarak jauh tanpa harus hadir di lokasi atau di tempat. Hal ini mengurangi waktu dan biaya untuk melakukan pemeliharaan dan memastikan bahwa proses berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Pertanian Modern dengan Menerapkan Smart Farming

Beberapa contoh sistem monitoring berbasis IoT, diantaranya :

Monitoring Mesin Industri

Sistem monitoring ini berfungsi untuk memantau kondisi mesin industri secara real-time dan mengirimkan peringatan bila terjadi masalah. Hasil pemantauan ini dapat membantu untuk mencegah kerusakan besar dan memastikan bahwa mesin berjalan dengan baik.

Monitoring Suhu dan Kelembaban

Sistem ini memantau suhu dan kelembaban ruangan secara real-time dan mengirimkan peringatan bila terjadi perubahan suhu secara mendadak. Sistem monitoring ini sering ditemukan di gudang pendingin (cold storage) ekspedisi. Sistem ini dapat membantu untuk menjaga kondisi barang atau produk yang rentan terhadap perubahan suhu.

Monitoring Aset

Sistem ini memantau posisi dan kondisi aset seperti truk, alat berat, dan peralatan lainnya secara real-time. Penggunaan sistem monitoring ini untuk melacak aset dan memastikan bahwa setiap aset digunakan dengan efisien sesuai fungsinya.

Monitoring Lingkungan

Sistem monitoring ini membantau pemantauan kualitas lingkungan seperti tingkat polusi udara dan air secara real-time dan mengirimkan peringatan bila sudah mencapai batas yang tidak aman. Sistem ini sangat membantu pemerintah setempat dalam menjaga kebersihan, kenyamanan dan keamanan lingkungan.

Penggunaan sistem monitoring berbasis IoT ini memberikan banyak sekali manfaat untuk industri atau perusahaan dalam meningkatkan produktivitas dan menjaga kualitas produk.

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sistem monitoring & testing menyediakan layanan pemasangan berbagai macam sistem monitoring seperti sistem monitoring ketinggian dan kualitas air, sistem monitoring suhu dan kelembaban, sistem monitoring bendungan, sistem monitoring cuaca, sistem monitoring jembatan dan lainnya.

Jika Anda membutuhkan layanan sistem monitoring silahkan menghubungi kami melalui :


Bisa juga melalui live chat yang berada di pojok kanan bawah halaman web ini.