Instalasi Alat Dewatering

pembangkit tenaga listrik pada sebuah gedung, bendungan, dan struktur lainnya pastinya membutuhkan sebuah galian yang cukup dalam. Struktur bangunan tidak hanya membutuhkan dasar/permukaan yang kering untuk fondasinya tetapi juga stabilitas muka air dalam tanah yang baik. Pada proses dewatering selama penggalian diperlukan di lokasi konstruksi ,umumnya untuk pekerjaan pondasi dan Dewatering  dilakukan pada setiap area yang digali ,untuk menjaga dasar penggalian tetap kering sehingga genangan air di lokasi pembangunan tidak menggangu proses pembangunan Penggalian dan peletakan pondasi di tanah yang tergenang air pada akan mempersulit di lakukan. Kehadiran air yang terus menerus yang dapat menyebabkan banjir selama pekerjaan dapat mengakibatkan buruknya kualitas pekerjaan konstruksi, solusi dari air tanah yang keluar tersebut menggunakan Jasa Dewatering.

Dewatering merupakan  sebuah pengawasan dan pengeringan debit air tanah pada lokasi pembangunan agar dapat melakukan pembangunan kembali, tampa ada nya gangguan, Biasanya proses dewatering dilakukan pada gedung-gedung besar yang memiliki basement dalam, dan pembangunan infrastruktur besar seperti jembatan dan bendungan, yang memerlukan sebuah galian yang cukup dalam sebagai pondasi yang kuat, dalam proses dewatering terdapat beberapa yang harus di perhatikan diantaranya.

Pengawasan dilakukan agar progress dari dewatering dapat berjalan dengan baik setelah dilakukan nya sebuah pengamatan lalu di lanjutkan ke sebuah pengujian terhadap pompa dengan maksud:

  • Melakukan analisa pada debit air yang berada pada dalam tanah.
  • Pengukuran kecepatan kembali balik air tanah setelah dikuras.
  • Apabila telah dilakukanya analisa terhadap debit air tanah, maka dapat di perkirakan jumlah pompa yang di butuhkan.
  • Melakukan analisa kedalaman lapisan tanah yang kedap air.

Sehabis pengujian pompa di kerjakan, lalu proses baru dapat di lakukan dengan cara, memasangkan alat untuk mengukur tekanan pada muka air tanah, alat tersebut merupakan piezometer, alat tersebut dapat ,mendeteksi tekanan muka air pada lapisan tanah.

Proses Dewatering
Proses pembuangan Air dari Dewatering

Pemasangan sumur khusus tersebut untuk dapat melakukan pengawasan terhadap muka air tanah, lalu di pasangkan pompa dengan jumlah kapasitas yang pas dengan data hasil yang telah di ukur sebelum nya, pompa yang di gunakan pada dewatering merupakan pomka khusus  rendam dengan memiliki kapasitas 100-600 liter per menit.

Pada saat sumur melakukan pemompaan harus di pantau naik turun nya permukaan air tanah, akan lebih effektif dilakukan apabila saat pemompaan air tanah  berlangsung pekerjaan pembuatan pondasi juga dilakukan.

Dalam metode dewatering tentunya akan memperlancar pembangunan agar dapat didirikan, akan tetapi proses dewatering yang dilakukan secara sembararangan akan memberikan dampak yang cukup mempengaruhi lingkungan sekitar, berupa penurunan permukaan pada sekitar lokasi pembangunan, dan menghambat aliran air dalam tanah yang ada di sekitar lokasi pembangunan.

PT Testindo membuka jasa Dewatering yang baik terhadap lingkungan,dan di lakukan dengan ahli dan profesional dalam bidang nya, untuk informasi ataupun pemesanan dapat menghubungi PT Testindo pada nomor: 0822-5870-6420 ataupun melalui email: sales@testindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *