Testindo.co.id – Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang luar biasa, terutama disektor perhutanan. Hutan yang cukup luas di Negara ini sering kali mengalami kebakaran, bukan hanya karena pemanasan global tetapi juga disebabkan oleh keringnya lahan gambut. Sistem monitoring lahan gambut perlu dilakukan agar dapat mencegah keringnya lahan gambut yang menyebabkan kebakaran hutan.

Mengenal Lahan Gambut

Lahan gambut merupakan suatu lahan basah yang terbentuk dari timbunan material organik yang berasal dari sisa-sisa pohon, bangkai hewan, rerumputan dan lumut. Jauh sebelum tahun masehi bumi pernah mengalami pemanasan permukaan yang menyebabkan terbentuknya lahan gambut. Gambut yang terbentuk karena pemanasan itu disebut sebagai gambut pedalaman, sementara di jaman sekarang sering kali terjadinya peningkatan permukaan laut yang mengakibatkan terbentuknya gambut di daerah sekitaran sungai dan pantai.

Lahan gambut sangat menguntungkan masyarakat terutama di daerah perhutanan, karena lahan gambut dapat mencegah adanya kebakaran hutan.

Instrument Dalam Monitoring Lahan Gambut

Instrument yang biasa digunakan dalam memonitoring lahan gambut terdiri dari :

  • Water Level

Water Level

Water Level merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengendalikan, memantau, dan mengatur ketinggian air didalam roof tank / bak air secara otomatis serta memiliki akurasi yang tinggi serta memiliki ketahanan yang kuat untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

 

  • Sensor Kelembaban Tanah

sensor kelembaban tanah

Sensor ini berfungsi untuk mengukur kelembaban pada tanah dan hasil dari pengukuran akan keluar sebagai datasheet.

 

  • Weather Station

weather sensor

Weather Station merupakan suatu alat yang digunakan untuk memonitoring cuaca, dengan alat ini anda dapat mengetahui informasi tentang prakiraan cuaca wilayah serta mempelajari kondisi iklim disuatu tempat.

Dengan teknologi weather station anda dapat mengamati tekanan udara, suhu, kelembapan, kecepatan angin, arah angin dan curah hujan.

Data Logger

Hasil dari sistem monitoring lahan gambut akan diinput kedalam data logger yang kemudian akan dikirim ke server agar dapat dibaca, komputer atau laptop harus menginstall software khusus agar dapat membaca data logger.

Dalam melakukan sistem monitoring lahan gambut anda membutuhkan partner yang berpengalaman, PT Testindo sebagai perusahaan yang bergerak dibidang control dan monitoring system dapat membantu anda dalam melakukan monitoring lahan gambut, kami memiliki team berpengalaman dalam melakukan monitoring system, ditambah dengan alat yang mumpuni PT Testindo merupakan partner anda yang tepat untuk melakukan monitoring system. Untuk info lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di +62 21-2956-3051, Whatsapp : 0813-9929-1909 (Zulfikri), Email : sales@testindo.com, atau bisa melalui fitur live chat yang beradar di pojok kanan bawah web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *