water quality online monitoring system

Testindo.co.id – Sungai adalah tempat atau sarana air mengalir yang secara alami berasal dari tempat yang lebih tinggi mengalir ke tempat yang lebih rendah lalu menuju ke sungai yang lebih besar, danau atau laut.  Sungai memiliki berbagai macam fungsi dari mulai sebagai tempat air mengalir, sebagai habitat mahluk hidup seperti ikan, tumbuhan atau binatang lainya dan juga terkadang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan aktivitas manusia seperti mandi, air untuk dikonsumsi dll.

Agar air sungai tidak tercemar dengan limbah berbahaya yang dihasilkan oleh berbagai sektor industri seperti contohnya pabrik, rumah sakit, laboratorium dan industri lainya. Harus memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

IPAL, atau Waste Water Treatment Plant (WWTP) merupakan sebuah instalasi yang dirancang untuk membuang air limbah biologis serta kimiawi dari air sehingga membuat air tersebut dapat digunakan untuk aktivitas lain.

water quality online monitoring system

Lalu Apa Hubungan Water Quality Monitoring System Dengan IPAL?

Menurut Peraturan Menteri Lingkungan dan Kehutanan Pasal 2 ayat 1 : Penanggung jawab usaha atau kegiatan dalam melakukan pemantauan kualitas air limbah dan laporan pelaksanaan pemantauan kualitas air limbah wajib memasang dan mengoperasikan “Sparing”.

Apa itu Sparing? Sparing merupakan kepanjangan dari (Sistem Pemantauan Kualitas Air Secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan). Water Quality Online Monitoring System selanjutnya disebut sebagai alat sparing atau alat Onlimo yang digunakan untuk mengukur kadar parameter kualitas air limbah dan debit air limbah melalui pengukuran dan pelaporan debit air secara terus menerus dan dalam jaringan.

Jadi, IPAL (Instalasi Pegolahan Air Limbah) dan onlimo atau sparing saling berkaitan, dimana air limbah dari WWTP akan dibaca dan dipantau oleh instrument water quality online monitoring system untuk diketahui kesehatannya. Hal ini dilakukan guna mengurangi pencemaran air limbah agar tidak terjadi kerusakan ekosistem.

Instrument Dalam Water Quality Monitoring System/ Onlimo

  1. Remote Terminal Unit (RTU)

RTU (Remote Terminal Unit) berisi data logger, GSM modem, modul GPS (untuk mobile device) dengan sistem wiring, dan bracket sensor (untuk mobile device) merupakan sistem peralatan yang dapat digunakan mengukur kualitas air secara realtime.

  1. Multi probe Sensor

Sensor ini digunakan untuk mengukur nilai dari beberapa parameter air yang sedang diamati di titik tertentu. Kinerja sensor juga dikendalikan oleh data logger dengan menunggu perintah permintaan data oleh data logger. Hasil pengukuran selanjutnya direkam di dalam memori data logger, dan dikirimkan ke pusat data melalui komponen komunikasi yaitu GSM modem.

  1. Data logger

Fungsi dari smart data logger ini adalah sebagai unit pengendali system dan pemantauan air limbah

  1. GPS Module

Komponen modul GPS dalam sistem Mobile Online Monitoring digunakan sebagai komponen penerima sinyal koordinat posisi titik pemantauan melalui komunikasi dengan beberapa satelit GPS. Data diterima akan berbentuk streaming text yang selanjutnya hanya direkam pada saat pengukuran kualitas air saja sesuai dengan parameter operasi data logger.

  1. GSM modem

Komponen ini wajib ada di dalam setiap RTU, masing-masing RTU memiliki satu unit dan satu unit lagi diletakkan di pusat data. Modem GSM ini selalu dalam posisi siaga untuk pengiriman dan penerimaan pesan baik dari data logger maupun pusat data atau sebaliknya.

  1. Pusat Data & Software Online Monitoring

Semua data yang diperoleh akan masuk ke pusat data, perangkat pusat data merupakan satu set computer yang memiliki spesifikasi layaknya server dan akan diinstallkan software untuk memonitoring kualitas air. Seluruh kinerja system online monitoring akan dikendalikan oleh perangkat pusat data melalui software yang telah diinstall.

Server akan berkomunikasi dengan dengan masing-masing data logger secara periodik, komunikasi tersebut merupakan proses pertukaran data yang akan diperoleh oleh server melalui data logger. Kemudian data yang telah diterima akan dikelola oleh aplikasi database agar dapat ditampilkan kembali dalam bentuk angka maupun grafik dan laporan yang dibutuhkan.

data logger

Layanan Solusi Water Quality Monitoring System Testindo

Jika anda membutuhkan partner untuk membangun Water Quality Monitoring System atau SPARING PT. Testindo Solusinya. Anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai hal-hal yang terkait dengan Water Quality Monitoring System, informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di no Whatsapp Zulfikri +62 813-9929-1909.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *