Testindo.co.id – Early Warning System Kebakaran Hutan merupakan solusi dalam menangani kebakaran hutan di Indonesia, karena seperti kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah perhutanan yang cukup luas dan seringkali terjadinya kebakaran hutan.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki luas hutan sebesar 128 juta (ha) secara keseluruhan. Dari seluruh wilayah di Negara ini terdapat 4 provinsi yang rawan terjadinya kebakaran hutan, yaitu Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Faktor pemicu terjadinya kebakaran hutan di Negara ini disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia.

Faktor-faktor Terjadinya Kebakaran Hutan

Faktor alam yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan di Indonesia biasanya di sebabkan oleh musim kemarau extreme dan pemanasan global, tetapi jarang sekali terjadinya kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor alam, karena kebanyakan terjadinya kebakaran hutan disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri.

Faktor manusia menjadi penyebab seringnya terjadi kebakaran di Negara ini, mulai dari penebangan hutan secara illegal dan membakar lahan hutan demi membuka lahan baru yang digunakan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pembangunan.

Bahaya terjadinya Kebakaran Hutan

Seringnya terjadi kebakaran hutan di Indonesia menimbulkan berbagai efek berbahaya antara lain bahaya bagi kehidupan dan ekosistem. Habisnya lahan perhutanan akibat kebakaran hutan menyebabkan seringnya terjadi banjir karena seperti kita ketahui hutan dapat menampung banyak sekali volume air hujan dan karena berkurangnya wilayah kehutanan menyebabkan tidak tertampungnya volume air hujan sehingga menyebabkan banjir.

Bukan hanya banjir, banyak dampak bahaya lain akibat kebakaran hutan seperti gangguan pernafasan karena asap kebakaran, keringnya tanah dilahan perhutanan yang mengakibatkan berkurangnya sumber air, punahnya hewan hewan liar karena kehilangan ekosistem lingkungannya.

Early Warning System

Early Warning System merupakan solusi dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan gambut. Instrument monitoring yang dapat digunakan berupa robot monitoring Insight Robotics. Insight Robotics adalah sebuah perusahaan teknologi yang mengembangkan system tak berawak yang fokus pada sector kehutanan dan lahan gambut.

Early Warning System Kebakaran Hutan

Instrument dipasang di beberapa titik di wilayah hutan dan lahan gambut yang rawan terjadi kebakaran secara mendadak.

Dengan memasang instrument Early Warning System diharapkan akan dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan gambut, sehingga masyarakat yang tinggal di sekitaran hutan menjadi lebih tenang dan aman, serta terjaganya ekosistem didalam hutan.

PT. Testindo sebagai perusahan yang bergerak di bidang monitoring menyediakan layanan instrumentasi Early Warning System Kebakaran Hutan. Untuk info lebih lanjut hubungi di +62 21-2956-3051, Whatsapp : 0813-9929-1909 (Zulfikri), Email : sales@testindo.com, atau bisa melalui fitur live chat yang beradar di pojok kanan bawah web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *