early warning system banjir

Testindo.co.id – Early Warning System Banjir merupakan suatu langkah antisipasi yang dapat dipilih untuk penanggulangan bencana banjir, sistem monitoring ini sangat tepat dipilih di daerah-daerah rawan banjir. Seperti kita ketahui bahwa ada beberapa daerah di Indonesia yang sering dilanda bencana banjir yang menyebabkan kerugian seperti kehilangan tempat tinggal hingga menelan korban jiwa.

Tak hanya itu saja banjir juga tentunya berimbas pada sektor perekonomian masyarakat, terlebih lagi, banyak moda transportasi umum yang terkendala untuk beroperasi. Lantas tentunya banyak dari kalian yang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih penyebab banjir, berikut ulasannya.

Penyebab Terjadinya Banjir

Curah Hujan Yang Tinggi

Salah satu penyebab utama terjadinya banjir dikota-kota besar seperti Jakarta adalah curah hujan yang extreme. Dikarenakan di Jakarta sudah dipenuhi “Beton”, membuat seringnya terjadi penebangan serta penggusuran “Hutan” sebagai mana kita ketahui bahwa hutan merupakan wilayah yang dapat menampung banyak volume air.

Kebiasaan Membuang Sampah Sembarangan

Tak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan membuang sampah sembarangan masih sangat melekat pada masyarakat Ibu Kota dan sekitarnya. Jangan heran apabila daerah yang masyarakatnya masih suka membuang sampah sembarangan dilanda banjir, karena itu semua ulah mereka sendiri.

Kurangnya Kawasan Resapan Air

Berhubungan dengan faktor pertama, Bahwa hutan atau wilayah ruang terbuka hijau sangat penting dalam pencegahan banjir. Berkurangnya wilayah hutan sama dengan berkurangnya kawasan resapan air.

Solusi Early Warning System Banjir

Early Warning System Banjir merupakan solusi dalam mengantisipasi datangnya bencana alam banjir, dengan adanya sistem pemantauan dini banjir dampak yang ditimbulkan dapat berkurang. Seperti contohnya  penerapan sistem pemantauan dini banjir pada jalan Rohrbach-Strasse daerah Dornbirner Ache, English, yang berguna mendeteksi bencana banjir yang sering terjadi pada jalan tersebut.

Sistem pemantauan banjir tersebut menggunakan instrument yang dilengkapi dengan dua sensor radar level dan dua kamera otomatis, data yang didapat akan di transmisikan ke portal otomatis untuk menutup dan membuka jalan. Sensor yang digunakan berupa sensor level RL-15, Data logger dan sistem controller yang berguna untuk mengontrol aktivitas lampu lalu lintas dan penghalang jalan.

early warning system banjir

Sensor level radar RL-15 dipasang masing-masing di tepi sungai. Dengan ketinggian instalasi 4 m di atas permukaan jalan dan jarak yang cukup ke tepi sungai, pengukuran dan monitoring akan lebih efektif dan dapat dilakukan secara berkelanjutan.

sensor early warning system

Selain sensor level, kamera CCTV dengan infra merah juga dipasang pada dua tiang, agar dapat menilai dengan jelas situasi banjir di malam hari, lampu jalan LED dipasang di samping kamera untuk menerangi area tepi jalan dan tepi sungai, kemudian seluruh data yang didapat akan ditransmisikan ke PC server.

penerapan early warning system banjir

PT. Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang instrument dan monitoring, menyediakan Solusi Early Warning System Banjir. Untuk info lebih lanjut anda dapat hubungi kami di Whatsapp : 0813-9929-1909 (Zulfikri), Email : sales@testindo.com, atau bisa melalui fitur live chat yang beradar di pojok kanan bawah web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *