monitoring gempa sensor seismik

Testindo – Monitoring aktivitas seismik di wilayah rawan gempa sangat penting untuk menentukan respon ketika terjadi gempa bumi. Untuk melakukan monitoring ini maka dibutuhkan alat yang disebut sensor seismik, fungsinya untuk mendeteksi, mengukur dan juga menganalisa gerakan tanah karena aktivitas seismik.

Pemantauan gempa bumi adalah bagian penting dari persiapan dan respons bencana, dan sensor seismik adalah pahlawan tak terduga yang membuatnya menjadi mungkin. Alat-alat canggih ini memainkan peran penting dalam mendeteksi, mengukur, dan menganalisis gerakan tanah yang disebabkan oleh kejadian seismik.

Inilah yang menjadi alasan kenapa beberapa institusi dan lembaga riset di berbagai negara menggunakan sensor seismik untuk pengamatan aktivitas gempa. Apa saja lembaga atau institusi tersebut ? berikut informasinya :

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC)

Lembaga ini berada di Honolulu, Hawai, yang bertanggung jawab untuk melakukan pemantauan aktivitas seismik di sepanjang Samudera Pasifik untuk mengeluarkan peringatan tsunami. Kantor pusat monitoring PTWC menggunakan sensor seismik untuk proses monitoring aktivitas seismik di dasar laut, termasuk untuk mendeteksi gempa di bawah laut.

Ketika terjadi gempa yang signifikan, data hasil monitoring dari semua sensor seismik yang terpasang akan dianalisa untuk menilai risiko tsunami. PTWC kemudian mengeluarkan peringatan untuk wilayah pantai yang berpotensi terdampak, sehingga masyarakat yang berada di sekitar pantai bisa segera melakukan evakuasi atau menyelamatkan diri.

United States Geological Survey (USGS)

USGS juga menjadi lembaga yang mengoperasikan jaringan sensor seismik luas di seluruh Amerika Serikat, dikenal dengan sebutan Advanced National Seismic System (ANSS). Jaringan sensor seismik ini melakukan monitoring akitvitas seismik non stop dan memberikan data secara real-time kepada ilmuwan, petugas tanggap darurat, dan masyarakat umum.

USGS juga menawarkan peringatan dini gempa bumi di California melalui sistem ShakeAlert-nya, yang menggunakan data dari sensor seismik untuk memberikan peringatan akan getaran yang akan terjadi.

Japan Meteorological Agency (JMA)

Baca Juga :  EWS Gempa Alarm Peringatan pada Bangunan

Sebagai wilayah yang sangat rawan gempa dan tsunami karena berada di zona “Cincin Api”, Jepang juga menggunakan sensor seismik untuk melakukan monitoring gempa dan juga sebagai pendukung untuk mengeluarkan peringatan dini.

JMA menggunakan jaringan sensor seismik untuk melakukan pengamatan akitivitas seismik dan juga pergerakan tanah. Jika gempa bumi terus terjadi maka JMA dapat menentukan besar gempa magnitudo lalu mengeluarkan peringatan dini serta secara otomatis mengaktifkan sistem keselamatan seperti mematikan kereta api berkecepatan tinggi.

The European-Mediterranean Seismological Centre (EMSC)

EMSC merupakan upaya kolaborasi antara negara-negara Eropa untuk memantau aktivitas seismik di wilayah Mediterania. Mereka menggunakan jaringan sensor seismik untuk memberikan informasi gempa bumi secara real-time kepada masyarakat dan otoritas. Platform online dan aplikasi seluler EMSC menawarkan data gempa bumi yang terkini kepada pengguna, termasuk lokasi, magnitudo, dan kedalaman.

The Earthquake Research Institute in Istanbul, Turki

Turki merupakan negara yang juga rentan terhadap gempa bumi, The Earthquake Research Institute in Istanbul menggunakan sensor seismik secara ekstensif untuk memantau dan mempelajari kejadian seismik. Lembaga ini telah menerapkan jaringan sensor yang padat di sekitar kota untuk lebih memahami perilaku gempa bumi dan memberikan peringatan dini kepada penduduk.

Sensor seismik terbukti sangat efektif dalam memantau gempa bumi di seluruh dunia. Sensor ini sangat membantu para ilmuwan dan pihak berwenang untuk memahami pola gempa bumi, serta memberi peringatan dini tepat waktu sehingga dapat menyelematkan banyak nyawa.

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering & monitoring solution menjual sensor seismik untuk aktivitas pemantauan seismik dan eksplorasi. Jika Anda membutuhkan sensor seismik ini atau ingin konsultasi terlebih dahulu, silahkan hubungi kami dengan menekan tombol WA di bawah ini :

 

 

 

Bisa juga chat dengan tim kami melalui fitur chating yang ada di pojok kanan bawah website ini

 

Referensi :

http://www.industrilnews.com/seismic-sensors-in-action–real-life-examples-of-earthquake-monitoring.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *