Testindo Tindakan assessment struktur bangunan dan jembatan pasca gempa berperan penting dalam menilai kondisi kekuatan struktur setelah diguncang gempa. Melalui tindakan ini nantinya bisa dianalisa dan dinilai apakah struktur bangunan dan jembatan masih aman untuk digunakan atau butuh perbaikan.

Salah satu faktor berbahaya yang dapat menyebabkan jembatan menjadi rusak bahkan roboh adalah gempa bumi. Memang harus dimaklumi, jika negara Indonesia ini seringkali dilanda gempa karena letaknya berada di ring of fire atau Cincin Api Pasifik yaitu pertemuan tiga lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik.

Assessment Struktur Bangunan dan Jembatan Pasca Gempa

Jembatan merupakan prasarana yang sangat penting untuk menghubungkan dua tempat, kota atau wilayah yang terpisah oleh danau, tebing, danau dan laut agar mudah dijangkau. Jika jembatan bermasalah maka akses transportasi juga ikut terganggu, kendaraan tidak bisa melintas dan warga pun tidak bisa menyebrang.

Gempa bumi yang kerap melanda berbagai wilayah di Indonesia dapat mempengaruhi kestabilan struktur bangunan dan jembatan. Itulah mengapa sebaiknya dilakukan pemeriksaan kerusakan pada bangunan dan jembatan pasca gempa untuk mencegah kerusakan yang lebih besar.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan audit atau pemeriksaan struktur bangunan pasca gempa yaitu :

  • Audit struktur membantu mengidentifikasi dan menilai tingkat kerusakan pada elemen struktur jembatan dan bangunan akibat gempa.
  • Berdasarkan hasil penilaian tingkat kerusakan, audit struktur dapat menentukan apakah jembatan atau bangunan masih layak untuk digunakan atau perlu diperbaiki/dibongkar.
  • Hasil audit struktur dapat digunakan untuk memperkuat mitigasi bencana di daerah rawan gempa.
  • Audit struktur pasca gempa dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap keselamatan bangunan dan infrastruktur, sehingga dapat mendorong pembangunan di daerah rawan gempa.

Struktur bangunan yang bermasalah ketika terjadi gempa dapat menyebabkan bangunan ambruk.  Dengan melakukan penilaian dan pemeriksaan struktur jembatan melalui tindakan assessment ini, pemerintah terkait bisa menghindari risiko kerusakan struktur bangunan dan jembatan di masa mendatang saat terjadi gempa.

Baca Juga :  Prinsip Kerja Sistem Peringatan Dini Gempa

Audit Struktur Beton Menggunakan Ultrasonic Tomograph A1040 MIRA

ultrasonic tomograph a1040 mira audit struktur

Supaya mempermudah pengerjaan Audit Struktur Bangunan maka bisa dilakukan menggunakan alat Ultrasonic Tomograph A1040 Mira. Alat ini dapat membantu menentukan ketidakhomogenan bahan konstruksi, inklusi asing, rongga, kotoran, delaminasi, retakan, dan ketebalan benda.

Alat Ultrasonic Tomograph A1040 MIRA dapat diaplikasikan pada pekerjaan sebagai berikut:

  • Inspeksi konstruksi beton dengan ketebalan sampai dengan 2500 mm untuk tujuan evaluasi konsistensi konstruksi.
  • Inspeksi konstruksi beton bertulang dengan ketebalan sampai dengan 800 mm untuk tujuan evaluasi konsistensi konstruksi.
  • Mencari inklusi asing, cavities, voids, delaminasi , kebocoran tambalan dan retakan pada benda beton, benda beton bertulang dan batu alam.
  • Inspeksi konstruksi yang terbuat dari marmer dan granit dengan ketebalan hingga 2000 mm.
  • Cari pipa plastik dan logam dengan diameter lebih dari 10 mm pada beton bertulang.
  • Inspeksi struktur internal batang karbon dengan diameter lebih dari 900 mm.
  • Evaluasi kondisi saluran dengan tulangan tegangan pada jembatan beton bertulang.
  • Inspeksi struktur bawah, kolom, penutup atas pada konstruksi cor di tempat untuk mendeteksi rongga dan kebocoran timbunan.
  • Cari rongga dan rongga di belakang pelat pelapis terowongan bawah tanah dan kereta api.
  • Inspeksi blok refractory dari furnace.
  • Estimasi ketebalan lapisan penutup beton dan kedalaman lapisan tulangan.
  • Pengukuran ketebalan objek pengujian pada akses satu sisi.
  • Pendaftaran rinci dari hasil yang diperoleh.

Penggunaan alat Ultrasonic Tomograph MIRA A1040 ini sangat bermanfaat dalam melaksanaan pengerjaan Assessment atau Audit Struktur bangunan dan juga jembatan pasca terjadi gempa bumi. Sangat cocok digunakan pada bangunan yang berada di wilayah rawan gempa.

Jika Anda berminat dengan alat Ultrasonic Tomograph MIRA A1040 atau ingin konsultasi terlebih dahulu, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui :

Chat dengan tim kami melalui fitur live chat di pojok kanan bawah website ini