portable weather station

Testindo Weather station atau stasiun cuaca merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur dan mencatat berbagai parameter iklim dan cuaca di suatu lokasi tertentu. Tujuan utama dari stasiun cuaca adalah untuk memantau dan mengumpulkan data tentang kondisi cuaca di wilayah tersebut.

Data yang dikumpulkan oleh stasiun cuaca ini nantinya bisa digunakan untuk berbagai tujuan seperti prediksi dan informasi cuaca, pemantauan perubahan iklim, penelitian ilmiah, dan kebutuhan lainnya.

Portable Weather Station memiliki rangkaian sensor yang berfungsi untuk mengukur berbagai macam parameter cuaca, diantaranya :

Pengukuran Suhu

Stasiun cuaca mengukur suhu udara saat ini. Informasi suhu ini penting untuk pemantauan cuaca sehari-hari dan untuk mengidentifikasi perubahan musim.

Pengukuran Kelembaban

Kelembaban udara juga harus diukur, karena kelembaban dapat mempengaruhi kenyamanan manusia dan juga berpengaruh terhadap kondisi lingkungan (enviroment).

Pengukuran Tekanan Udara

Tekanan udara adalah faktor penting dalam menentukan perubahan cuaca, apalagi jika perubahan tekanan terjadi secara tiba-tiba. Data dari pengukuran tekanan udara ini bisa dijadikan laporan pendukung untuk prediksi cuaca.

Pengukuran Kecepatan dan Arah Angin

Stasiun cuaca juga mengukur kecepatan dan arah angin. Data ini penting untuk navigasi, keamanan penerbangan, dan juga memahami pola angin yang terbentuk.

Pengukuran Curah Hujan

Stasiun cuaca mencatat jumlah curah hujan yang jatuh dalam periode waktu tertentu, sehingga membantu dalam pemantauan sumber daya air dan mitigasi risiko banjir.

Pengukuran Radiasi Matahari

Radiasi matahari diukur untuk memahami sejauh mana matahari mempengaruhi suhu dan cuaca. Pengukuran radiasi menggunakan sensor pyranometer yang sudah terintegrasi dengan sensor lain pada portable weather station.

Hasil pengamatan dari portable weather station ini akan dikumpulkan menjadi sebuat data. Nantinya data yang dikumpulkan dari stasiun cuaca selama periode waktu yang panjang digunakan untuk penelitian iklim, termasuk analisis tren perubahan iklim.

Baca Juga :  Ini Cara BMKG Memprediksi Cuaca Setiap Hari

Stasiun cuaca bisa merupakan perangkat pemantauan cuaca yang sangat simple dan bisa digunakan oleh berbagai bidang seperti pengamat cuaca, pertanian, perkebunan, stadion dan lainnya karena tidak membutuhkan instalasi yang terlalu kompleks seperti weather station yang dikelola oleh badan meteorologi nasional atau lembaga penelitian.

Data yang dikumpulkan oleh stasiun cuaca ini penting untuk memahami dan memprediksi cuaca, serta bisa menjadi semacam peringatan dini ketika menghadapi perubahan cuaca ekstrem atau bencana alam.

Jual dan Pemasangan Portable Weather Station

Sebagai perusahaan engineering & monitoring solution, Testindo menjual Portable Weather Station yang siap dikirim ke seluruh Indonesia.

Portable Weather Station yang kami jual merupakan stasiun cuaca mini yang sudah terintegrasi dan menggunakan pemakaian daya rendah. Dilengkapi dengan tripod teleskopis yang ringan sehingga bisa dipasang dengan mudah dan cepat.

portable weather station

Pembelian dan Pemasangan Portable Weather Station di PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJ)

Fungsinya adalah untuk pengamatan cuaca jangka pendek, pemantauan terus-menerus cuaca dalam skala kecil, dan bisa digunakan untuk pengumpulan mobile data real-time .

Terdapat lima sensor di dalamnya, seperti arah angin (wind direction), kecepatan angin (wind speed), barometric pressure, suhu (temperature) serta sensor kelembaban (humidity sensor), bisa juga menyesuaikan dengan sensor lain. Data pengujian dapat dikirimkan ke pusat data meteorologi tetap atau sistem pusat yang berada di dalam kendaraan melalui komunikasi nirkabel RS232, RS485, USB, atau GPRS.

Portable Weather Station ini sangat cocok dipasang untuk Industri :

  • Solar PV Industry
  • Agricultural
  • Highways And Railways
  • Hydrological Monitoring
  • Courtyard
  • Meteorological Science Research

Jika Anda berminat untuk membeli Portable Weather Station ini atau ingin konsultasi lebih dulu, silahkan menghubungi kami melalui :


Email: sales@testindo.com

Bisa juga chat dengan tim kami melalui fitur live chat di pojok kanan bawah website ini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *