fungsi weather station

Testindo Kondisi cuaca memang tidak bisa dikontrol apalagi ketika di stadion sepak bola, tidak heran jika seringkali pertandingan sepak bola harus terhenti karena cuaca yang kurang bersahabat seperti angin kencang, hujan deras, salju dan lainnya. Kondisi ini terjadi bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, hujan menjadi faktor cuaca yang cukup sering mengganggu jalannya pertandingan sepak bola. Apalagi, jika jadwal liga ternyata bertepatan dengan musim penghujan, tentunya pantia harus berpikir keras agar pertandingan bisa terus berjalan walaupun hujan lebat.

Mungkin bagi beberapa stadion yang memiliki atap yang dapat tertutup otomatis tidak terlalu bermasalah, tapi bagiamana dengan stadion yang atapnya masih terbuka. Kondisi hujan yang besar bukan hanya mengganggu jalannya pertandingan tapi juga mengurangi minat untuk menonton di stadion secara langsung.

Itulah mengapa setiap stadion sepak bola sebaiknya dilengkapi alat khusus yang dapat memonitoring cuaca atau yang disebut Auatomatic Weather Station. Pemasangan alat sudah menjadi standar wajib di beberapa stadion International.

Fungsi Weather Station untuk Stadion

Sebelumnya, metode pengamatan cuaca bisa dibilang masih dilakukan secara manual. Namun, seiring perkembangan teknologi, alat monitoring cuaca sekarang ini sudah dilengkapi sensor khusus untuk menganalisa berbagai parameter cuaca seperti suhu, kelembaban, intensitas hujan, kecepatan angin, dan banyak lagi.

Nantinya hasil perekaman cuaca dikirim ke komputer pusat untuk diolah dan dijadikan data pendukung untuk mengambil keputusan, apakah pertandingan bisa dilanjutkan atau tidak. Data cuaca ini juga sering ditampilkan di layar monitori sebelum pertandingan sepak bola dimulai.

automatic weather station stasiun cuaca otomatis

Misal, ketika hujan besar disertai angin kencang, sensor curah hujan (rain gauge) dan sensor kecepatan angin (wind speed) yang terpasang di stasiun cuaca (weather station) akan melakukan pengukuran. Jika kondisi angin sudah sangat kencang dan curah hujan sudah terlalu deras sampai menghalangi pandangan si pemain, maka pertandingan sebaiknya dihentikan.

Baca Juga :  Peran Penting Automatic Weather Station untuk Industri Pertambangan

Selain untuk kelancaran pertandingan, weather station juga dapat berfungsi sebagai peringatan dini ketika cuaca sudah masuk tahap ekstrem. Sehingga pihak penyelenggara bisa segera melakukan evakuasi penonton dan pemain untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh cuaca ekstrem.

Weather station dipasang di beberapa titik secara permanen untuk monitoring cuaca setiap pertandingan berlangsung. Namun, ada juga jenis alat ukur cuaca yang lebih praktis yaitu Portable Weather Station, sangat cocok untuk monitoring cuaca di lokasi yang berpindah-pindah.

Jika Anda memiliki kebutuhan untuk pemasangan Weather Station untuk stadion sepak bola atau ingin diskusi lebih dulu, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui :


Email: sales@testindo.com

Bisa juga chat dengan tim kami melalui fitur live chat yang ada di pojok kanan bawah website ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *