vibration analysis

Testindo Setiap mesin industrial seperti yang ada di pabrik dan kilang minyak memiliki ukuran yang cukup besar dan beroperasi cukup lama. Jika tiba-tiba mesin mengalami gangguan maka proses produksi juga ikut terganggu sehingga produktivias jadi menurun.

Kondisi ini tentunya membuat perusahaan harus mengeluarkan cost maintenance yang lumayan besar, apalagi jika kerusakkannya cukup parah. Disinilah pentingnya melakukan predictive maintenance dengan rutin pada setiap mesin produksi.

Salah satu tahapan dalam melakukan predictive maintenance yaitu dengan melakukan vibration analysis (analisa getaran) pada mesin. Getaran merupakan salah satu indikator untuk mengetahui kondisi mesin, apakah mesin tersebut sedang mengalami gangguan atau tidak.

Biasanya pengujian ini menggunakan alat khusus seperti vibration analyzer dan vibration tester. Namun, alat tersebut tidak menampilkan secara visual bagaimana getaran mesin itu terjadi, karena memang fungsinya hanya untuk mengukur dan menganalisa getaran saja.

Getaran mesin industrial ini memang tidak bisa dilihat secara langsung dengan mata manusia, paling hanya bisa dirasakan saja getarannya. Sekarang ini sudah ada teknologi kamera yang dapat merekam getaran mesin dengan sangat jelas yaitu .

Analisa Getaran Mesin dengan Chronos High Speed Camera

Berbeda dengan kamera digital pada umumnya, High Speed Camera ini dapat merekam lebih dari 1000fps (frame per second). Sehingga sangat cocok jika digunakan untuk merekam gerakan yang ditimbulkan oleh getaran mesin.

Testindo menjual High Speed Camera dengan brand “Chronos” manufaktur Canada. Berikut ini salah satu contoh video rekaman getaran mesin yang diambil menggunakan Chronos High Speed Camera dan dianalisa menggunakan software MeScope :

Anda bisa memasang Chronos High Speed Camera ini di beberapa titik mesin yang ingin dianalisa getarannya. Bukan hanya mesin berukuran besar, mesin kecil seperti kompressor udara juga bisa dilihat tampilan visual getarannya seperti berikut ini :

Baca Juga :  Kerusakan Akibat Getaran Berlebih pada Mesin Industri

 

 

 

Selain untuk melihat secara visual getaran mesin, Chronos High Speed Camera juga dapat digunakan untuk:

  • Menganalisa getaran jembatan
  • Uji Ballistic
  • Machine Failure Troubleshooting
  • Spray Analysis

Jika Anda berminat untuk membeli atau ingin bertanya mengenai Chronos High Speed Camera silahkan hubungi kami melalui :

Office: 021-2956-3045

Email: sales@testindo.com

Bisa chat dengan tim kami dengan menekan tombol yang ada di pojok kanan bawah website ini.