loading test jembatan KAI

Testindo Ada banyak sekali jembatan rel kereta api di Indonesia yang melintasi sungai dan pegunungan. Karena lokasinya yang cukup rawan maka jembatan rel kereta ini harus selalu dipantau kondisi strukturnya, apalagi sering dilewati kereta api yang beratnya lebih dari 80 ton setiap hari.

Bentuk pemantauan kondisi jembatan kereta api bisa dilakukan dengan pengujian loading test (uji beban) jembatan. Fungsinya untuk mengetahui kondisi dan kelayakan struktur eksisting saat ini akibat beban-beban yang bekerja.

PT Testindo sebagai perusahaan monitoring system diberi kepercayaan untuk melakukan pengujian loading test di Jembatan Kereta Api Krueng Mane dan Blang Kuede di daerah Lhoksumawe, Aceh Utara.

pemasangan sensor di rel

Engineer Testindo melakukan pemasangan sensor monitoring disektiar titik pengujian  jembatan rel kereta api

 

loading test jembatan rel kereta api

Tampilan sensor yang sudah dipasang di sekitar jembatan kereta api

 

loading test jembatan kereta api

Uji coba sensor menggunakan software monitoring yang sudah terinstall di laptop

 

Sebagai penambah beban di dalam kereta maka dimasukkan karung pasir tepat di tengah lantai kereta api. Banyaknya karung pasir disesuaikan dengan kapasitas beban yang telah ditentukan.

loading test kereta api

loading test

Karung pasir dimasukkan ke dalam kereta sebagai penambah beban

 

Selanjutnya kereta dijalankan dan diberhentikan bertahap, mulai dari posisi 3/4 bentang rel, ditengah jembatan dan posisi 1/4 bentang rel jembatan kereta api. Setiap posisi kereta dilakukan pengukuran dan analisa struktur pada jembatan melalui sensor yang sudah di pasang.

loading test jembatan kereta api

Posisi kereta berada di 3/4 bentang jembatan rel kereta api

 

loading test

All PagesPosisi kereta berada di tengah jembatan rel kereta api

 

loading test

Posisi kereta berada di 1/4 bentang jembatan rel kereta api

 

loading test jembatan kereta api

Check Levelling untuk menentukan nilai lendutan

Pengujian loading test ini bertujuan untuk mendapatkan informasi kondisi struktur eksisting Jembatan KA dengan melakukan pemeriksaan visual, mendapatkan redrawing struktur eksisting Jembatan, memperoleh hasil evaluasi kapasitas struktur eksisting melalui analisis struktur dan mendapatkan informasi mutu material eksisting baja, ketebalan baja, kondisi sambungan dan cacat las dengan Non Destructive Test. Setelah seluruh data hasil pengujian lapangan diperolah, selanjutnya bisa ditentukan rekomendasi untuk perbaikan atau perkuatan jika diperlukan.

Baca Juga :  Pengujian Loading Test di Jembatan Otista, Bogor

Testindo siap membantu Anda dalam melakukan berbagai macam pengujian, assesment struktur bangunan dan instalasi sistem monitoring. Pemesanan dan pertanyaan silahkan hubungi kami melalui:


Chat dengan tim kami dengan menekan tombol yang ada di pojok kanan bawah website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *