pemantauan kualitas udara ambien

Testindo Kualitas udara ambien merupakan salah satu aspek lingkungan yang harus mendapat perhatian khusus karena memiliki pengaruh yang cukup besar untuk kesehatan tubuh dan dampak terhadap alam. Pada sektor industri seperti penambangan batu bara, pengolahan semen, dan pembangkit listrik tenaga batu bara dan minyak, serta berbagai sektor lainnya, harus mengontrol tingkat polusi yang dihasilkan sesuai ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dilansir dari situs Safeopedia.com, ambien merupakan udara atmosfer yang belum terkontaminasi oleh polutan. Susunan udara ambien yaitu 21% oksigen dan 78% nitrogen, sedangkan sisanya 1% merupakan kombinasi antara hidrogen, karbon, helium, metana dan argon.

Emisi yang berasal dari pembakaran industri atau pabrik melepaskan berbagai polutan dan zat kimia ke atmosfer sehingga menimbulkan polusi udara ambien. Inilah alasan mengapa di setiap kota ataupun lokasi yang rawan polusi udara perlu dipasang Sistem Pemantauan Kualitas Udara Ambien.

Pemantauan Kualitas Udara Ambien

Sistem Pemantauan Kualitas Udara Ambien (Ambient Quality Monitoring System) merupakan sistem yang digunakan untuk mengukur dan memantau kualitas udara di lingkungan sekitar. Tujuan utama dari pemasangan sistem ini yaitu untuk memantau tingkat pencemaran udara dan memastikan bahwa udara di lingkungan sekitar dalam batas aman.

Layanan Pemasangan Sistem Pemantauan Kualitas Udara Ambien >>>

Sistem Pemantauan Kualitas Udara Ambien ini memiliki instrumentasi yang sudah terhubung dengan sensor khusus untuk memantau setiap paratemer polutan udara  seperti partikel halus, gas beracun, dan zat kimia berbahaya lainnya. Data yang dikumpulkan oleh setiap sensor ini diunggah secara real-time atau secara berkala ke pusat pemantauan yang nantinya dapat diakses oleh pemerintah, peneliti, dan juga masyarakat umum.

Jenis Pemantauan Kualitas Udara Ambien

Proses pemantauan kualitas udara ini terbagi menjadi 2 macam metode yaitu passive sampler dan grab sampler. Setiap metode dilakukan dengan cara yang berbeda, berikut penjelasan lengkapnya :

Passive Sampler

Dilansir dari situs menlhk.go.id, Pemantauan kualitas udara dengan metode passive sampler merupakan jenis metode yang menggunakan sistem penyerapan gas secara difusi melalui media yang dipaparkan dalam waktu tertentu tanpa menggunakan pompa penghisap dengan memanfaatkan sifat fisis gas yang berdifusi dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.

Grab Sampler

Metode Grab Sampler merupakan metode pemantauan kualitas udara ambien yang cukup sering digunakan dengan pemasangan alat yang disebut Inpinger yang nantinya berfungsi untuk menangkap partikel atau zat pencemar sesuai dengan parameter uji.

Baca Juga :  Memantau Polusi Udara dengan Sistem Berbasis IOT

Sampel udara yang diambil kemudian akan dianalisa di laboratorim, beberapa macam parameter udara yang dianalisa yaitu nitrogen dioksida, sulfur dioksida, oksidan, dan hidrogen sulfida.

Fungsi Utama Sistem Pemantauan Kualitas Udara Ambien

Pemantauan Polusi Udara

Sistem ini mengukur konsentrasi polutan udara seperti partikel halus (PM2.5 dan PM10), nitrogen dioksida (NO2), sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO), ozon (O3), dan lain-lain. Informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi seberapa parah tingkat pencemaran udara.

Peringatan Dini

Sistem ini dapat memberikan peringatan dini jika tingkat polusi udara melampaui ambang batas yang ditentukan dalam regulasi lingkungan. Ini memungkinkan tindakan pencegahan yang cepat untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan.

Pengawasan dan Pelaporan

Data yang terus-menerus dikumpulkan oleh sistem ini digunakan untuk pengawasan dan pelaporan tingkat polusi udara kepada pemerintah, lembaga pengaturan lingkungan, dan masyarakat umum.

Informasi ini dapat digunakan untuk menilai efektivitas kebijakan pengendalian emisi dan memantau tren kualitas udara.

Penelitian Ilmiah

Data yang dikumpulkan oleh Pemantauan Kualitas Udara Ambien juga digunakan dalam penelitian ilmiah untuk memahami dampak polusi udara terhadap kesehatan manusia, lingkungan, dan perubahan iklim.

Sistem ini sangat penting dalam menjaga udara bersih dan aman bagi semua makhluk hidup. Kesadaran tentang tingkat polusi udara dan upaya untuk mengurangi emisi polutan udara adalah langkah penting dalam menjaga kualitas udara yang baik bagi generasi mendatang.

Dilansir dari situs thermofisher.com, menurut badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), polusi udara ambien merupakan jenis polusi berbahaya yang berasal dari industri, rumah tangga, dan emisi kendaraan. Semua polutan ini tentunya sangat berbahya untuk kesehatan manusia.

Berdasarkan perkiraan dari WHO, partikel halus menyebabkan 25% kematian akibat kanker paru-paru, 8% kematian penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan 15% penyakit jantung iskemik dan stroke.

Layanan Pemasangan Sistem Pemantauan Kualitas Udara Ambien >>>

Dengan menjaga kualitas udara ambien maka secara tidak langsung juga ikut menjaga kesehatan tubuh manusia. Inilah mengapa perlu dilakukan pemasangan sistem pemantauan kualitas ambien di berbagai tempat dan kota sehingga kualitas udaranya benar-benar terpantau dengan baik.

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering & monitoring solution menyediakan layanan pemasangan sistem monitoring kualitas udara ambien di berbagai tempat di seluruh Indonesia.

Informasi pemesanan dan pertanyaan silahkan hubungi kami melalui :

Chat dengan tim kami melalui fitur live chat di pojok kanan bawah website ini


Email: sales@testindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *