Testindo Banjir merupakan fenomena alam yang terjadi ketika air meluap dari sungai, danau, atau laut ke daratan. Selain karena curah hujan yang tinggi dan musim hujan yang berkepanjangan, air laut yang pasang saat terjadi gerhana juga menajdi salah satu faktor penyebab banjir yang disebut banjir rob.

Dampak banjir pada bangunan bisa sangat berbahaya dan berdampak besar pada struktur bangunan. Ketinggian air yang tinggi dan aliran air yang deras dapat menyebabkan kerusakan pada dinding dan lantai bangunan.

Selain itu, air banjir dapat merusak instalasi listrik dan pipa air di dalam bangunan, sehingga meningkatkan risiko kebakaran dan kebocoran gas. Barang-barang di dalam rumah juga dapat rusak atau hilang karena terendam air.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami bagaimana banjir dapat mempengaruhi bangunan dan bagaimana kita dapat mencegah kerusakan yang lebih parah.

Penyebab Kerusakan pada Bangunan Akibat Banjir

Tingkat kerusakan pada bangunan karena diterjang banjir berbeda-beda. Namun, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebab kerusakan pada bangunan akibat banjir, di antaranya:

Aliran Air yang Deras

Aliran air yang terlalu deras saat terjadinya banjir dapat menyebabkan tekanan yang besar pada dinding bangunan dan mengakibatkan keretakan atau bahkan runtuhnya bangunan.

Tinggi Air Melampaui Batas

Ketinggian air yang sudah sangat tinggi membuat bangunan terendam dalam air yang mengakibatkan kerusakan pada lapisan material bangunan.

Material Bangunan Kurang Kuat

Bangunan yang dibangun dengan bahan yang kurang kuat atau tidak memadai seperti kayu, bambu, atau bahan bangunan yang tidak tahan air, akan lebih mudah rusak akibat banjir.

kerusakan bangunan akibat banjir
pic : liputan6.com

Kerusakan pada bangunan akibat banjir harus dihindari dengan memperhatikan ketiga faktor di atas saat merancang dan membangun bangunan. Selain itu, pemilik bangunan juga harus memahami jenis-jenis kerusakan yang bisa terjadi pada bangunan akibat banjir untuk dapat mengambil tindakan pencegahan dan penanganan yang tepat.

Jenis Kerusakan Bangunan Akibat Banjir

Bangunan yang terendam banjir maka secara perlahan akan mengalami kerusakan. Berikut ini beberapa jenis kerusakan bangunan ketika terjadi banjir :

Kerusakan Struktur

Aliran air yang deras atau ketinggian air yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada struktur bangunan seperti keretakan atau bahkan runtuhnya bangunan.

Kerusakan Lantai dan Dinding

Air banjir yang menggenang dalam waktu yang lama dapat merusak dinding dan lantai bangunan. Dinding dan lantai yang terbuat dari bahan yang tidak tahan air atau kurang kuat akan lebih mudah rusak akibat terendam air.

Kerusakan Instalasi Listrik dan Pipa Air

Air banjir dapat merusak instalasi listrik dan pipa air di dalam bangunan. Hal ini dapat meningkatkan risiko kebakaran dan kebocoran gas.

Kerusakan pada Barang-barang di dalam Rumah

Air banjir juga dapat merusak barang-barang di dalam rumah seperti furniture, peralatan elektronik, dan benda-benda berharga lainnya.

jenis kerusakan bangunan
retakan pada dinding bangunan

Kerusakan yang terjadi pada bangunan akibat banjir dapat sangat merugikan pemilik bangunan. Selain merusak bangunan secara fisik, banjir juga dapat meninggalkan bau yang kurang sedap pada bangunan.

Baca Juga :  Jenis-jenis Keretakan Dan Solusi Pada Bangunan

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan tindakan pencegahan dan penanganan yang tepat saat terjadi banjir seperti memasang early warning system banjir sehingga dapat mengurangi dampak kerusakan yang lebih parah pada bangunan

Mengatasi Kerusakan Bangunan Saat Banjir

Supaya kerusakan bangunan tidak bertambah parah, maka sebaiknya segera diatasi dengan melakukan beberapa tindakan berikut ini :

Membersihkan dan Mengeringkan bangunan

Setelah banjir, segera membersihkan dan mengeringkan bangunan untuk menghindari kerusakan lebih lanjut akibat jamur dan kelembaban. Jangan biarkan dinding dan lantai basah dalam waktu yang lama.

Perbaiki Kerusakan Struktur

Perbaiki kerusakan pada struktur bangunan seperti keretakan dan kerusakan pada atap secepat mungkin. Hal ini akan membantu mengurangi risiko bahaya lebih besar pada bangunan. Namun, jika kondisi bangunan cukup mengkhawatirkan sebaiknya dilakukan audit struktur bangunan.

Periksa Instalasi Listrik dan Pipa Air

Periksa instalasi listrik dan pipa air di dalam bangunan setelah banjir. Pastikan semua instalasi dalam keadaan baik dan aman sebelum digunakan.

Buat Perencanaan Penanganan Banjir

Buat perencanaan penanganan banjir yang tepat untuk mengurangi dampak kerusakan lebih lanjut pada bangunan. Pemilik bangunan dapat membuat tanggul atau penahan air untuk mengurangi risiko banjir dan menghindari kerusakan pada bangunan.

Dalam mengatasi kerusakan pada bangunan akibat banjir, sangat penting untuk mengambil tindakan dengan cepat dan tepat guna mengurangi dampak yang lebih parah. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari ahli jika diperlukan, terutama jika kerusakan pada bangunan cukup parah.

Tips Melindungi Bangunan Saat Terjadi Banjir Di Kemudian Hari

Berikut adalah beberapa saran untuk membantu mencegah kerusakan pada bangunan akibat banjir di masa depan:

Membuat Sistem Pembuangan dan Penahan Air

Jika tempat tinggal atau lingkungan Anda memang rawan banjir, maka segera membuat sistem penahan banjir berupa tanggul atau pagar penahan air dan juga membuat jalur atau sistem drainase yang baik untuk mengurangi risiko banjir.

Menggunakan Bahan Bangunan Berkualitas

Pilih bahan bangunan yang memiliki kualitas terbaik untuk membuat bangunan berupa rumah, sekolah dan lainnya. Hal ini dapat membantu mengurangi kerusakan pada bangunan saat terjadi banjir.

Meninggikan (Hook) dan Menambah Jumlah Lantai Bangunan

Meninggikan bagian depan bangunan atau Hook serta menambah jumlah lantai bangunan menjadi solusi lainnya untuk menghindari risiko banjir dan kerusakan bangunan akibat banjir.

kerusakan bangunan akibat banjir
Rumah yang ditinggikan (hook) untuk mencegah dampak banjir (Pic : pixabay)

Mencegah kerusakan pada bangunan akibat banjir dapat menjadi solusi terbaik untuk menghindari kerugian pada bangunan dan barang-barang di dalamnya. Dengan memperhatikan faktor-faktor pencegahan di atas, pemilik bangunan dapat mengurangi dampak banjir dan merawat bangunan secara lebih baik di masa depan.

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang testing & monitoring menyediakan layanan audit struktur bangunan untuk berbagai jenis bangunan yang memiliki gejala kerusakan yang mengkhawatirkan.

Informasi lebih lanjut dan pemesanan terkait jasa audit struktur bangunan silahkan hubungi kami melalui :



Email : sales@testindo.com

Bisa juga melalui live chat yang berada di pojok kanan bawah halaman web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *